cover
Contact Name
Abdul Syaban
Contact Email
selamiips@uho.ac.id
Phone
+6285341307275
Journal Mail Official
selamiips@uho.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
SELAMI IPS
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 14102323     EISSN : 27456501     DOI : http://dx.doi.org/10.36709/selami
Journal Description : SELAMI IPS ialah jurnal yang memberi perhatian pada masalah-masalah sosial budaya, ekonomi, pendidikan dan Humaniora terutama dalam kaitannya dengan pembangunan pendidikan nasional dan pengembangan berbagai aspek kehidupan di dalam masyarakat. SELAMI IPS merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan dua kali setahun, yaitu pada bulan Januari dan Juli. Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal ini adalah hasil pelaksanaan kegiatan penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pengembangan Kurikulum, Manajemen Pendidikan, Hukum. Penulis yang mengirimkan naskah ke SELAMI IPS harus mengikuti pedoman penulisan, fokus dan cakupan jurnal, serta template jurnal. Jika naskah yang dikirim tidak sesuai dengan ketentuan tersebut, maka artikel akan ditolak. Naskah yang dikirim oleh penulis akan diproses oleh editor dalam jangka waktu 1 minggu sehingga penulis mendapatkan kepastian status artikelnya (diteruskan untuk reviewer atau ditolak langsung). Jika tulisan diterima oleh editor maka diteruskan oleh reviewer. Keseluruhan proses publikasi pada jurnal ini memerlukan paling lama 2 bulan..
Articles 96 Documents
PERANAN GURU DALAM PEMBINAAN MORAL SISWA (Studi Kasus SMP Negeri 3 Tomia Kec. Tomia Timur Kab. Wakatobi) Masruddin, Masruddin; Reni, Wa Ode
SELAMI IPS Vol 3, No 47 (2018): JURNAL SELAMI UHO
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/selami.v3i47.8504

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan gutu PKn terhadap pembentukan moral siswa. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam bentuk observasi, wawancara, penyeberan angket dan pengumpulan data dokumen sekolah. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yaitu  data yang diperoleh dari hasil observasi aktifitas guru dan siswa wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa dalam pembelajaran guru selalu memberikan contoh moral yang baik kepada siswa untuk diteladani sebagai suatu moral yang baik. Contoh dari moral yang ditunjukan pleh guru dalam pembelajaran diantaranya adalah menjadi suri tauladan, membimbing siswa menjadi manusia dewasa yang cakap tutur kata,sebagai motivator yaitu memberikan pelajaran siswa tentang kebaikan. Dengan contoh moral yang dipraktekan dan ditekankan guru dalam pembelajaran, yang menjadikan siswa terbentuk moralnya. Dilihat dari hasil wawancara dengan guru menarik kesimpulan bahwa, siswa di SMP 3 Tomia Kec. Tomia Timur Kab. Wakatobi sudah memiliki moral yang baik meski belum keseluruhan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa guru dalam pembelajaran memiliki peranan dalam pembentukan moral siswa di SMP Negeri 3 Tomia Kec. Tomia Timur Kab. Wakatobi. Kata Kunci: Peranan Guru, dan Moral Siswa
ADAT PERTUNANGAN PADA MASYARAKAT LIYA (Studi di Desa Liya Onemelangka Kecamatan Wangi-wangi Selatan Kabupaten Wakatobi) Saputra, Muhammad Hendri; Samiruddin T, Samiruddin T; Reni, Wa Ode
SELAMI IPS Vol 4, No 48 (2018): JURNAL JURUSAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/selami.v4i48.8509

Abstract

Abstrak: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah prosedur pelaksanaan pertunangan menurut adat masyarakat Suku Liya Di Desa Liya Onemelangka. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui prosedur pelaksanaan pertunangan menurut adat Masyarakat Liya di Desa Liya Onemelangka Kecamatan Wangiwangi Selatan Kabupaten Wakatobi. Penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan secara sistematis mengenai tata cara atau proses pelaksanaan pertunangan (poheporae) pada masyarakat Liya di Desa Liya Onemelangka Kecamatan wangi wangi Selatan Kabupaten Wakatobi. Informan dalam penelitian ini yakni 5 orang yang terdiri dari Kepala Desa Liya Onemelangka, 2 orang tokoh adat, 2 orang tokoh agama, serta 2 (dua) orang responden yaitu satu (1) pasang suami-isteri yang pernah mengalami pertunangan sebelum Perkawinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Prosedur pelaksanaan pertunanga pada masyarakat Liya terdiri  dari beberapa tahapan, antara lain yaitu; Potandai (pemilihan jodoh),merupakan tahap pertama dalam adat pertunangan pada Masyarakat Liya  yaitu tahap pemilihan jodoh sekaligus penyelidikan yang dilakukan oleh pihak laki-laki terhadap perempuan atau gadis yang akan menjadi bakal calon istri untuk anak muda mereka), Pasola (menanyakan status perempuan) yaitu tahap yang dilakukan untuk mengetahui status dari perempuan yang akan di lamar apakah sudah memiliki pacar atau janda dan apakah ia mau menerima laki-laki yang hendak menjadikannya sebagai calon istri atau tidak), Dhua fala, merupakan tindak lanjut dari pasola yaitu menanyakan kembali jawaban atas lamaran yang disampaikan oleh pihak laki-laki sebelumnya apakah diterima ataukah ditolak, Potumpu, yaitu tahap peminangan, Kabutu’a, yaitu pemberian barang-barang kebutuhan pokok dan barang-barang perlengkapan wanita dari pihak laki-laki atau sebaliknya, Rangkami, yaitu pemberian pokok adat atau tanda pengikat sebagai bukti kesungguhan  hati dari  laki-laki terhadap perempuan/gadis yang telah dipinang. Berdasarkan uraian pembahasan di dalam penulisan hasil penelitian ini, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa prosedur pelaksanaan pertunanga pada masyarakat Liya terdiri  dari beberapa tahapan, antara lain yaitu Potandai, Pasola, Dhua Fala, Potumpu, Kabutu’a, dan Rangkami. Kata kunci: Adat, Pertunangan, Masyarakat
HAMBATAN PENYIDIK DALAM PENYIDIKAN TINDAK PIDANA ILLEGAL LOGGING (Studi Pada Kepolisian Sektor Konda Resort Kota Kendari) Purnomo, Setya Heri; Salimin A, Salimin A
SELAMI IPS Vol 4, No 48 (2018): JURNAL JURUSAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/selami.v4i48.8514

Abstract

Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) hambatan apa sajakah yang dialami penyidik dalam penyidikan tindak pidana illegal logging; (2) bagaimanakah upaya penyidik dalam mengatasi hambatan penyidikan tindak pidana  illegal logging. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan apakah yang dialami penyidik dalam penyidikan tindak pidana illegal logging dan upaya-upaya apakah yang dilakukan penyidik dalam mengatasi hambatan penyidik dalam penyidikan tindak Pidana illegal logging. Penelitian ini bersifat  kualitatif, yaitu meneliti dan menelaah data dan segala jenis informasi di lapangan. Responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 5 orang yang terdeiri dari Kepala Kepolisian Sektor Konda dan 3 orang Anggota Kepolisian Sektor Konda. Informan sebanyak 2 orang yang berasal dari Polisi Kehutanan Kecamatan Konda. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: wawancara (interview), dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan penyidik dalam Penyidikan Tindak Pidana illegal logging : 1. Faktor internal yang terdiri dari: (a). lemahnya mentalitas aparat penegak hukum dan (b) kurangnya fasilitas sarana dan prasarana, 2. Faktor eksternal yang terdiri dari: a) kuranggnya kordinasi antara aparat penegak hukum dan masyarakat setempat; b) keterangan tersangka yang membingungkan; dan c) hambatan dalam penyitaan barang bukti. Upaya-upaya yang dilakukan Kepolisian sektor Konda dalam mengatasi hambatan dalam peyidikan tindak pidana illegal logging adalah: (1) melakukan pendekatan kepada masyarakat; (2) pembinaaan kepada masyarakat;  (3) melatih ketegasan mental aparat penegak hokum; (4) melengkapi fasilitas  sarana dan prasarana; (5) memberikan sanksi yang berat bagi mereka yang melakukan pelanggaran. Kata kunci : Penyidikan, illegal logging. 
TRADISI KAMOMOOSE PADA MASYARAKAT GU DI KECAMATAN LAKUDO KABUPATEN BUTON TENGAH Riska, Riska; Irawaty, Irawaty; Asuru, Arsidik
SELAMI IPS Vol 2, No 46 (2017): JURNAL SELAMI UHO
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/selami.v2i46.8519

Abstract

Abstrak: Manusia dalam kehidupannya selalu membutuhkan orang lain, begitupun antara laki-laki dan perempuan yang telah memasuki usia dewasa dan telah memenuhi ketentuan hukumnya, lazimnya ini disebut pernikahan, namun sebelum pada tahap pernikahan pada masyarakat lokal terdapat tahapan yang unik yaitu tahapan pemilihan pasangan atau jodoh. Realitas tersebut terdapat pada masyarakat Gu di Kecamatan Lakudo Kabupaten Buton Tengah yang disebut dengan istilah kamomoose, namun dengan seiring perkembangan kehidupan manusia yang selalu dipengaruhi oleh perkembangan zaman menyebabkan tradisi ini mengalami pergeseran tujuan dan alat pelaksanaannya. Namun demikian tradisi ini masih tetap hidup dan dilestarikan dikalangan masyarakat lokal, denganberbagai upaya yang dilakuakan agar tetap eksis ditengah perkembangan zaman.Kata Kunci: Tradisi Kamomoose, dan pencarian jodoh pada Masyarakat Gu Lakudo
IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PKn DI MAN 1 BAU-BAU Salehudin, Salehudin; Sulfa, Sulfa; Hijrah, Wa Ode
SELAMI IPS Vol 2, No 46 (2017): JURNAL SELAMI UHO
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/selami.v2i46.8524

Abstract

Abstrak: Kompetensi pedagogik berupa kemampuan mengelola pembelajaran dianggap masih sering menjadi masalah yang kompleks, hal yang sama di MAN 1 Bau-Bau guru PKn belum sepenuhnya melaksanakan kompetensi pedagogik yang dimilikinya. Hal itu dapat dilihat dimana metode pembelajaran yang digunakan masih dominan menggunakan metode ceramah, guru kurang kreatif dalam menggunakan dan memanfaatkan media pembelajaran. Permasalahan itu akan dapat teratasi apabila guru PKn mempunyai kompetensi pedagogik yang tinggi sehingga guru akan dapat mengimplementasikan metode dan media pembelajaran dengan tepat, sehingga pembelajaran PKn di sekolah menjadi lebih menarik bagi siswa.  Kata Kunci: Kompetensi, Pedagogik, Guru PKn. 
ANALISIS PENERAPAN KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN PADA PEMBELAJARAN PKn DI KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 SIOMPU Indrawan, Adi; Hamuni, Hamuni; Irawaty, Irawaty
SELAMI IPS Vol 1, No 45 (2017): JURNAL SELAMI UHO 2017
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/selami.v1i45.8667

Abstract

Abstrak: Dewasa ini banyak guru yang menerapkan keterampilan membuka dan menutup pelajaran belum optimal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pelaaksanaan keterampilan membuka dan menutup pelajaran ada beberapa indikator yang tidak diterapkan oleh guru PKn yaitu memperhatikan minat siswa, menimbulkan rasa ingin tahu, mengemukakan konsep yang bertentangan, mendemonstrasikan keterampilan, aplikasi konsep pada konteks lain, mengekspresikan pendapat sendiri, percobaan dan kunjungan lapangan. Hambatan yang dihadapai guru PKn yaitu masalah perbedaan minat siswa, keterbatasan waktu, ketidakberanian siswa untuk mengemukakan pendapat, dan keterbatasan media informasi, sehingga upaya untuk mengatasinya yaitu variasi media, penambahan jumlah jam pelajaran PKn, memberikan hadiah bagi siswa yang berani mengemukakan pendapat, memperbanyak literatur atau bahan ajar, serta pengadaan jaringan internet. Jadi penampilan guru PKn kelas VIIIA SMP Negeri 1 Siompu dalam mempraktikkan keterampilan membuka pelajaran menunjukkan kualitas sangat baik, sedangkan pada penerapan keterampilan menutup pelajaran menunjukkan kualitas cukup. Kata kunci: Keterampilan, Membuka dan Menutup, dan Pembelajaran PKn
PARTISIPASI PEMUDA DALAM PEMBANGUNAN DESA (Studi Di Desa Kasimpa Jaya Kecamatan Tiworo Selatan Kabupaten Muna Barat) Pojo, La pojo; Safar, Misran Safar; Momo, Abdul Halim
SELAMI IPS Vol 12, No 1 (2019): JURNAL JURUSAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/selami.v12i1.10834

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bentuk-bentuk partisipasi pemuda dalam pembangunan Desa Kasimpa Jaya Kecamatan Tiworo Selatan Kabupaten Muna Barat? (2) untuk mengetahui Faktor-faktor apa yang mepengaruhi partisipasi pemuda dalam pembangunan Desa Kasimpa Jaya Kecamatan Tiworo Selatan Kabupaten Muna Barat. Penelitian dilakukan di Desa Kasimpa Jaya Kecamatan Tiworo Selatan Kabupaten Muna Barat. Penelitian ini bersifat kualitatif yaitu menggambarkan bentuk-bentuk dan faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi pemuda dalam pembangunan Desa Kasimpa Jaya Kecamatan Tiworo Selatan Kabupaten Muna Barat. Responden dalam penelitian ini adalah pemuda berjumlah 16 orang. Sedangkan  Informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yang terdiri dari; 1 orang Kepala Desa, 1 orang Tokoh Masyarakat dan 1 orang Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kasimpa Jaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk-bentuk partisipasi pemuda dalam pembangunan desa yaitu a. Partisipasi dalam pembangunan pengerasan jalan usaha tani, partisipasi dalam pembangunan masjid, dan partisipasi dalam kegiatan pemugaran masjid. Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi pemuda dalam pembangunan desa adalah faktor kemauan, faktor kemampuan, faktor kesempatan. Kesimpulan penelitian ini yaitu bentuk partisipasi pemuda dalam pembangunan pengerasan jalan usaha tani,  kegiatan pembangunan masjid dan kegiatan pemugaran masjid di Desa Kasimpa Jaya Kecamatan Tiworo Selatan Kabupaten Muna Barat baik bentuk pikiran, tenaga ataupun uang/material dapat dilihat pada tahap pelaksanaan kegiatan pembangunan. Pada tahap pelaksanaan partisipasi pemuda sudah cukup baik. Akan tetapi pemuda dalam kegiatan pembangunan baik bentuk pikiran, tenaga ataupun uang/material pada tahap perencanaan dan evaluasi masih kurang berpartisipasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi pemuda dalam pembangunan di Desa Kasimpa Jaya Kecamatan Tiworo Selatan Kabupaten Muna Barat yaitu faktor kemauan, kemampuan dan kesempatan. Dengan demikian faktor yang dominan yang mempengaruhi partisipasi pemuda adalah faktor kesempatan.              Kata Kunci: Partisipasi Pemuda, Pembangunan Desa         
IMPLEMENTASI KOMPONEN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS VIII MTs AL-MUSTAQIM MABODO Fitriani, Fitriani; Karsadi, Karsadi; Hamuni, Hamuni
SELAMI IPS Vol 12, No 1 (2019): JURNAL JURUSAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/selami.v12i1.10839

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui komponen keterampilan mengadakan variasi diimplementasikan pada pembelajaran PPKn di kelas VIII MTs Al- Mustaqim Mabodo, dan (2) untuk mengetahui hambatan dalam mengimplementasikan keterampilan mengadakan variasi pada pembelajaran PPKn di kelas VIII MTs Al-Mustaqim Mabodo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan  pendekatan kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data sebagaimana yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) komponen keterampilan mengadakan variasi pada komponen variasi gaya mengajar masih terlihat cukup baik, pada proses pembelajaran PPKn di kelas VIII MTs Al-Mustaqim Mabodo, sedangkan   komponen media pembelajaran masih sangat minim, terutama terlihat pada langkah-langkah kegiatan pembelajaran mengadakan variasi media pembelajaran. (2) hambatannya terlihat pada keterampilan mengadakan variasi dan pada pola interaksinya, terlihat masih lemahnya kemampuan guru dalam mengemas media pembelajaran yang menarik minat belajar siswa serta pada  sarana dan prasarana terlihat masih sangat terbatas. Kata Kunci: Keterampilan Mengadakan Variasi, Pembelajaran PPKn
POLA REKRUTMEN POLITIK (Studi pada DPD II Partai Golkar dalam Menetapkan Calon Legislatif pada Pemilu Legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Muna) Asmara, Tarsan; Safar, Misran; T, Samiruddin
SELAMI IPS Vol 12, No 2 (2019): JURNAL JURUSAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/selami.v12i2.10844

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola rekrutmen politik Partai Golkar dalam menetapkan calon legislatif pada pemilu legislatif tahun 2019 di Kabupaten Muna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 7 orang yang terdiri dari Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Muna, Sekretaris DPD II Partai Golkar Kabupaten Muna, 3 orang pengurus DPD II Partai Golkar Kabupaten Muna dan 2 orang calon legislatif DPD II Partai Golkar Kabupaten Muna. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penelitian lapangan dengan teknik: (1) wawancara, (2) dokumenter, (3) dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola rekrutmen DPD II partai Golkar dalam menetapkan calon legislatif pada pemilu legislatif tahun 2019 di Kabupaten Muna cenderung dilakukan secara tertutup yaitu baik melalui cara koopsi. DPD II partai Golkar dalam proses seleksi calon legislatif membentuk koordinator calon legislatif di setiap dapil yang kemudian ditugaskan membantu merekrut kader-kader lain untuk menjadi calon legislatif di masing-masing dapilnya.Kata Kunci: Calon Legislatif, Pola Rekrutmen Politik.
PENERAPAN KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 LOGHIA KABUPATEN MUNA Sufiani, Wa Ode; Sulfa, Sulfa; Momo, Abdul Halim
SELAMI IPS Vol 12, No 2 (2019): JURNAL JURUSAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/selami.v12i2.10850

Abstract

Abstrak: Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui apa saja yang dilakukan guru dalam menerapkan keterampilan memberi penguatan dalam proses pembelajaran PPKn di kelas XI IPA 1 SMA N egeri 1 Loghia Kabupaten Muna. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Loghia Kabupaten Muna. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Responden dan informan dalam penelitian berjumlah 4 orang yang terdiri dari 1 orang guru PPKn, kelas XI dan 3 orang siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Loghia Kabupaten Muna. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan keterampilan memberi penguatan dalam proses pembelajaran PPKn di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Loghia Kabupaten Muna memiliki kemampuan dalam menguasai aspek-aspek keterampilan memberi penguatan yaitu keterampilan memberi penguatan secara verbal dan keterampilan memberi pemguatan secara non verbal. Dalam menguasai aspek-aspek keterampilan memberi penguatan secara verbal guru PPKn mampu melakukan penguatan dalam bentuk pujian dengan kata-kata dan penguatan dalam bentuk pujian. Selain itu, dalam keterampilan penguatan secara non verbal guru PPKn mampu melakukan penguatan berupa mimik dan gerak badan (gestural), penguatan dengan cara mendekati, penguatan dengan sentuhan, penguatan dengan kegiatan yang menyenangkan, penguatan berupa simbol atau benda, dan penguatan tak penuh (partical) kepada siswa dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci: Penerapan, Keterampilan Memberi Penguatan

Page 1 of 10 | Total Record : 96