Abstrak: Guru harus mampu menerapkan model pembelajaran dan keterampilan khusus di samping secara benar memahami karakteristik siswa dan cara belajarnya. Model pembelajaran yang menciptakan kondisi pembelajaran sebagaimana disebutkan diatas harus dipilih dengan tepat.Realitanya, hasil belajar siswa pada materi kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia di sekolah belum menunjukkan hasil yang diinginkan karena belum mencapai minimal kriteria ketuntasan minimal. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri melalui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) sebanyak dua siklus dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III SDN 19 Abeli Kota Kendari setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dengan sumber data yaitu siswa dan guru. Data hasil penelitian ini dianalisa dengan menggunakan empat tahap yaitu mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Strategi Pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada materi Kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia. Hasil penelitian menunjukanrata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 63,8 dengan persentase ketuntasan sebesar 50% dan siklus II sebesar 76,1 dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Hasil observasi guru pada siklus I mencapai 78% dan siklus II meningkat menjadi 96,66%Hasil observasi siswa pada siklus I mencapai 68% dan siklus II meningkat menjadi 96%, sesuai nilai minimal 70 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah.Kata kunci : Meningkatkan, Hasil Belajar, Strategi, Inkuiri
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017