FORUM PAEDAGOGIK
Vol 10, No 2 (2019): 10 Articles, Pages 1-143

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMERED HEADS TOGETHER

Azmil Hasan Lubis (IAIN Padangsidimpuan)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar dengan model Cooperative learning tipe Numered heads together pada pembelajaran matematika. Berdasarkan pembelajaran yang dilakukan di SD Negeri Kadukancas, bahwa hasil belajar Matematika di kelas V masih rendah, yaitu siswa yang mendapat nilai KKM yaitu 65 atau lebih hanya 35,71% (10 siswa) sisanya 64,29% (18 siswa) di bawah KKM. Hal ini disebabkan karena guru tidak pernah menggunakan pembelajaran secara kelompok. Tujuan penelitian  tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Prosedur penelitian tindakan kelas ini meliputi dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri Kadukancas semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dengan subjek kelas V yang berjumlah 28 siswa, terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, siswa yang mencapai KKM yaitu memperoleh nilai sama atau lebih dari 65 sebanyak 19 siswa (67,86%), mengalami peningkatan sebesar 32,16% dari data pra siklus. Sedangkan pada siklus II, siswa yang mencapai KKM yaitu memperoleh nilai sama atau lebih dari 65 sebanyak 25 siswa (89,29%), mengalami peningkatan sebesar 21,43% dari data siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajarmatematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

FORUM PAEDAGOGIK adalah jurnal Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan terbit berkala enam bulan sekali yaitu bulan Juni dan Desember. Jurnal ini diharapkan dapat menjadi wahana komunikasi ilmiah insan akademik dalam bidang ilmu-ilmu ...