Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING COMPREHENSION BY COMBINING DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) STRATEGY AND RECIPROCAL QUESTIONING (REQUEST) STRATEGY FOR SENIOR HIGH SCHOOL

Ardemelia, Mila (Unknown)
Dewi, Rusmala (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKMembaca merupakan cara terbaik yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Seorang guru juga tidak akan mampu memberikan informasi yang baik tentang pelajaran yang akan mereka ajarkan kepada siswanya tanpa melakukan proses membaca. Jadi seorang guru harus mampu mengajarkan siswa-siswanya bagaimana cara menggali informasi-infromasi penting  dengan melakukan pemahaman membaca dengan baik. Sebagaimana Kurikulum mewajibkan siswa menguasai berbagai macam teks, salah satunya adalah  teks naratif. Dalam makalah ini, penulis mengkombinasikan dua strategi untuk membantu siswa dengan meningkatkan pemahaman mereka dalam membaca, yaitu DRTA Strategi dan REQUEST Strategi. Dalam pengaplikasian kombinasi dua strategi ini, diberikan sebuah teks naratif yang akan dibahas. Dalam pengaplikasiannya siswa diminta untuk memprediksi teks melalui judul dan gambar-gambar yang terdapat didalam teks. Setelah semua prediksi selesai, guru meminta siswa untuk masuk ke-paragraf dan membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi paragraf tersebut. Pengaplikasian dua strategy ini dikombinasikan karena antara DRTA strategi dan REQUEST strategi memiliki kesamaan prosedur, sehingga bisa dipraktekan sejalan. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi DRTA Strategi dan REQUEST strategi memberikan pengaruh positif dalam proses belajar mengajar terutama bagi siswa Sekolah Menengah Atas. Dalam pengaplikasian strategi ini mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam membaca teks, khususnya teks naratif. 

Copyrights © 2013