cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Pendidikan Bahasa Inggris
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 565 Documents
TEACHING READING BY COMBINING CHARACTER QUOTES WITH READ EXAMINE DECIDE WRITE (REDW) STRATEGY AT SENIOR HIGH SCHOOL Ningsih, Neneng Sovia; Afriyanti, Rika
Pendidikan Bahasa Inggris Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Publisher : Pendidikan Bahasa Inggris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana mengajarkan reading dengan menggunakan dua strategy yaitu Character Quotes dan REDW strategy. Character Quotes adalah salah satu strategi untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami karakter tokoh dalam teks. Strategi ini merupakan strategi yang tepat untuk membantu para siswa untuk membuat pemahaman sendiri terhadap karakter tokoh dalam teks. REDW strategy adalah salah satu strategy yang sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan reading  siswa karena dengan menggunakan REDW strategy,  siswa harus  aktif dan mampu untuk merumuskan ide dan permasalahan berdasarkan pemahaman sendiri.
` TEACHING WRITING BY COMBINING RAFT (Role, Audience, Format, Topic) AND POWER (Plan, Organize, Write, Edit, Revising) STRATEGY AT SENIOR HIGH SCHOOL Kamilasari, Nur; Sani, Riny Dwitya
Pendidikan Bahasa Inggris Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013
Publisher : Pendidikan Bahasa Inggris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Menulis adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai siswa disamping keterampilan bahasa inggris lainnya. Melalui menulis orang dapat mengekspresikan ide mereka dalam bentuk tertulis. Namun, fenomena di lapangan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis. Karena siswa tidak dapat mengekspresikan ide, mengembangkan ide menjadi sebuah paragraf. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa strategi yang bisa digunakan dalam pembelajaran menulis. Dalam makalah ini, penulis mengkombinasikan dua buah strategi untuk membantu siswa dalam menulis, yaitu RAFT ( Role, Audience, Format, and Topic) strategy and POWER ( Plan, Organize, Write, Edit, and Revise). RAFT strategy yaitu strategi yang digunakan pada awal kegiatan menulis dalam rangka mencari dan mengembangkan ide. Setelah itu, siswa diberi lembaran untuk menguraikan idenya ( think sheet), dan lembaran untuk mongereksi (edit sheet) pada POWER strategi. Melalui strategi ini siswa akan terbantu untuk menjadi penulis yang baik. Dengan demikian, mengkombinasikan RAFT strategy dengan POWER strategy diharapkan bisa membantu siswa sekolah menengah atas dengan mempelajari maupun memahami konsep menulis.  
TEACHING READING BY COMBINING QUESTIONING THE AUTHOR AND STORY FACE STRATEGIES IN JUNIOR HIGH SCHOOL Purwasih, Rina; Ispita, Ari
Pendidikan Bahasa Inggris Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013
Publisher : Pendidikan Bahasa Inggris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK             Pengajaran reading (membaca) merupakan salah satu keterampilan penting dalam Bahasa Inggris yang harus diajarkan oleh seorang guru kepada siswa. Sejalan dengan pentingnya pengajaran reading maka, seorang guru harus kreatif untuk membuat pembelajaran reading menjadi lebih menyenangkan. Salah satunya dengan menerapkan strategi yang menarik dan tepat dalam pembelajaran reading.Sehingga, siswa tertarik dan termotivasi untuk mempelajarinya.Dalam makalah ini, penulis membahas tentang bagaimana mengajarkan reading melalui gabungan dua strategi yaitu Questioning The Author dengan Story Face. Dalam aplikasi dua strategi ini, penulis menggunakan strategi pertama yaitu Story Face sebagai strategi awal pembelajaran. Strategi ini diawali dengan guru membuat gambar dalam bentuk wajah pada papan tulis yang terdiri dari dua mata yaitu tempat dan karakter utama dari cerita, hidung yaitu masalah dari cerita, dan mulut yaitu peristiwa-peristiwa dan solusi dari cerita tersebut. Kemudian, guru menyuruh siswa mencari informasi yang ada dalam gambar tadi. Setelah itu, guru menyuruh siswa membaca teks dan melengkapi gambar tadi. Selanjutnya penulis menggunakan strategi yang kedua yaitu Questioning The Author yang digunakan pada pertengahan pembelajaran dimana setelah siswa melengkapi gambar tersebut guru melanjutkan dengan menyuruh siswa kembali merencanakan pertanyaan tentang pengarang cerita tersebut dengan menentukan apa konsep utamanya yang mereka pahami. Setelah itu, siswa menentukan apa ide pokoknya dan diskusi kelas. Selanjutnya, guru memberikan jeni-jenis pertanyaan. Kemudian, guru menyuruh siswa membaca teks dengan keras, dan berhenti pada ide pokok yang ditandai dan  disini guru membimbing diskusi kelas. Yang terakhir, setelah diskusi guru menyimpulkan pendapat dari siswa tersebut.Akhirnya melalui penulisan makalah ini, penulis berharap membaca makalah ini, penulis bisa memperkekenalkan cara menggabungkan dua strategi dalam pengajaran reading. Bagi siswa diharapkan akan lebih termotivasi dan kreatif untuk mempraktekkan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari. 
TEACHING READING COMPREHENSION BY COMBINING THINK ALOUD AND QUESTION THE AUTHOR STRATEGY FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS Sari, Nola Nastika; Sari, Rosi Kumala
Pendidikan Bahasa Inggris Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Publisher : Pendidikan Bahasa Inggris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

              Membaca merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dalam melaksanakan Proses Belajar Mengajar, namun kebanyakan dari siswa memiliki kesulitan dalam memahami sebuah teks. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan dasar membaca (basic skill), kurangnya kosa kata (vocabulary), kurangnya pengetahuan tentang latar belakang topik yang mereka baca dan ketidakpahaman siswa tentang organisasi (generic structure) dalam teks ,serta kurangnya motivasi siswa dalam membaca. Untuk itu penulis memperkenalkan sebuah strategy baru dalam pengajaran reading comprehension yaitu dengan mengabungkan antara Think Aloud dengan Question the Author. Dalam strategy ini siswa bisa berfikir secara keras dalam memahami sebuah teks dan juga lebih mudah untuk mendapatkan informasi dan juga bisa menambah pengetahuan dan kemampuan siswa dalam membaca teks. Dalam strategy ini guru mengunakan narrative teks  dengan menyuruh siswa membuat konsep dan fakta yang mereka ketahui tentang topik yang diberikan guru. Strategy ini dapat membuat siswa lebih aktif dan termotivasi selama proses belajar mengajar berlangsung.
TEACHING WRITING BY COMBINING OPINION PROOF STRATEGY AND EXIT SLIP STRATEGY AT SENIOR HIGH SCHOOL Chandra, Shinta Elisia; Sani, Riny Dwitya
Pendidikan Bahasa Inggris Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013
Publisher : Pendidikan Bahasa Inggris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Di dalam makalah ini, penulis menguraikan tentang mengkombinasikan 2 strategi yaitu opinion proof strategi dan exit slip strategi dalam pembelajaran writing.            Writing adalah proses menuangkan ide dalam sebuah kertas dengan membuat struktur kata yang jelas dan koheren. Melalui opinion proof strategi guru mampu mengajak siswa menuangkan ide mereka dengan beberapa tahapan yang sesuai dengan strategi tersebut. Siswa akan memberikan pendapat mereka beserta bukti-bukti yang menguatkan berdasarkan topic yang diberikan oleh guru. Selanjutnya, siswa merangkai beberapa pendapat tersebut menjadi sebuah teks yang koheren. Diakhir pembelajaran siswa dituntut membuat sebuah kartu yang disebut exit slip yang berisi kesimpulan dari pelajaran yang telah diberikan. Siswa juga bisa membuat pertanyaan jika mereka masih belum paham dengan pelajaran tersebut. Exit slip juga berfungsi sebagai tiket untuk keluar kelas, jika siswa tidak membuat exit slip maka mereka tidak diperbolehkan untuk meninggalkan ruangan kelas. 
TEACHING READING BY COMBINING PARTNER PREDICTION WITH HOT POTATO STRATEGY FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS Diola, Sriva; Yani, Titik Hardewi
Pendidikan Bahasa Inggris Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013
Publisher : Pendidikan Bahasa Inggris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKMakalah ini ditulis bertujuan  untuk membantu  mengatasi salah satu dari sekian banyak permasalahan yang ada dalam pengajaran reading pada Sekolah Menengah Atas (SMA). Sebagaimana yang kita ketahui, banyak kita temukan siswa yang merasa kesulitan dalam memahami topik yang mereka baca, sehingga mereka tidak dapat menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks. Hal ini di buktikan ketika penulis mendengar cerita dari salah satu siswa yang sekolah di  Sekolah Menengah Atas (SMA) di Lubuk Basung, siswa memiliki masalah yaitu mereka hanya bisa membaca tetapi tidak bisa memahami makna dari teks bacaan tersebut. Meskipun demikian, masalah ini tidak hanya berasal dari siswa, tetapi juga berasal dari guru, yaitu salah satunya seperti guru sering menyuruh siswa mengerjakan tugas secara individu, sehingga siswa merasa bosan dan sulit untuk memahami isi teks tersebut sendiri.Untuk itu, di dalam makalah ini penulis menggabungkan 2 strategi yaitu Partner Prediction dan Hot Potato. Strategi ini dapat mermudahkan guru untuk meningkatkan motivasi dan keinginan siswa dalam membaca, serta mempermudah siswa dalam mengerjakan tugas dengan cara berkelompok dalam batas waktu yang ditentukan oleh guru, sehingga siswa akan menjadi lebih aktif, cepat dan bersemangat dalam mengerjakan tugas. Penulis mengharapkan agar penggabungan strategi ini bisa menjadi panduan bagi guru bahasa Inggris dalam mengajar reading. 
THE EFFECT OF USING FIVE WHYS STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION A Study at the Grade VIII Students of SMPN 11 Padang Oktoman, Ramon; Suharni, Suharni; Alicia, Dona
Pendidikan Bahasa Inggris Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Publisher : Pendidikan Bahasa Inggris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh dari strategi Five Whys dan Question Answer Relationship dalam reading comprehension (pemahaman membaca). Ini didasari oleh beberapa masalah yaitu: pertama, siswa kesuliatan dalam menentukan main idea, topic dan generic structure, kedua strategi guru yang belum bisa meningkatan pemahaman reading anak, terakhir siswa mendapatkan nilai rendah pada reading testnya. Kemudian penelitian ini menggunakan strategi Five Whys yang diguanakan untuk membantu pemahaman reading siswa. Peneliti ini menggunakan metode eksperimen (pretest/posttest control group design) yang menggunakan 2 kelas eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 11 Padang tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 216 siswa yang terbagi dalam 7 kelas ( VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, VIII F and VIII G). Peneliti memilih kelas sampel berdasarkan uji homogenitas dan uji normalitas masing – masing kelas. Dua kelas yang normal dan homogen akan menjadi sampel. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan rolled paper. Yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah VIII G, dan kelas VIII C  sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diberikan pada kedua kelas eksperimen adalah sebanyak 8 kali pertemuan. Materi yang diajarkan berkaitan dengan genre (jenis teks) yaitu: narrative text dan recount text. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis berjumlah 45 soal yang berbentuk pilihan ganda. Untuk melihat kelayakan soal, peneliti melakukan tes uji coba (try-out) sebanyak 2 kali di kelas yang berbeda yaitu kelas VIII A  dengan tes tertulis berjumlah 45 butir soal dan setelah itu dilakukan pretest dan posttest. Hasilnya didapat ttest kelas eksperimen dan kelas control adalah 2.92 lebih besar dari ttable 2.00 maka hipotesis pada penelitian ini diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa Strategi Five Whys dapat memberikan pengaruh yang signifikan dibandingkan strategi Question Answer Relationship terhadap hasil  belajar Bahasa Inggris khususnya dalam kemampuan pemahaman membaca pada siswa kelas VIII SMAN 11 Padang. 
LISTENING DIFFICULTIES ENCOUNTERED BY THE STUDENTS ( A Study of The First Year-English Major Students Academic Year 2012 at STKIP PGRI West Sumatera) Mizta, Ihsan Ade; Perpisa, Lili; Ikhsan, M. Khairi
Pendidikan Bahasa Inggris Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013
Publisher : Pendidikan Bahasa Inggris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKListening adalah salah satu dari empat hal penting dalam pembelajaran bahasa, tapi sangat sedikit sekali penelitian yang meneliti tentang hal ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran listening, mengetahui apakah siswa dengan nilai tinggi pada ujian listening masih memiliki kesulitan-kesulitan dan apakah kesulitan tersebut sama dengan siswa yang memiliki nilai rendah.Penelitian ini adalah sebuah penelitian deskriptif kualitatif. Sample di dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2012 jurusan pendidikan Bahasa Inggris di STKIP PGRI Sumatera Barat yang diambil berdasarkan nilai listening dalam ujian akhir semester pada mata kuliah listening II dengan menggunakan purposive random sampling. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan angket dan wawancara yang di lakukan secara individual terhadap respondent. Kemudian, setelah melakukan pengolahan data, peneliti menemukan bahwa siswa memiliki banyak kesulitan listening yang berasal dari 4 bagian antara lain, the message, the speaker, the listener, dan physical setting. Pada the message kesulitan siswa adalah kesulitan karena tidak dapat pengulangan pemutaran, kesulitan karena tidak bisa mendengar pemutaran materi dengan lambat; pada the speaker kesulitannya adalah kesulitan karena aksen yang bervariasi, kesulitan karena pembicaraan yang terlalu cepat; pada the listener kesulitannya adalah kesulitan mengenal kata-kata yang diketahui karena diucapkan dengan gaya yang berbeda; dan pada the physical setting kesulitannya adalah kesulitan karena suara yang tidak jelas dari tape yang tidak bagus, peralatan mendengar seperti headset kurang baik dan kesulitan karena suara ribut.Peneliti juga menemukan bahwa siswa dengan nilai tinggi juga memiliki banyak kesulitan listening dan kesulitan yang mereka miliki sama dengan kesulitan yang dimiliki siswa dengan nilai rendah. Untuk masing-masing kategori 95% siswa nilai tinggi memiliki kesulitan listening pada the message, 96% pada the speaker, 96% pada the listener, dan 89% pada the physical setting. Kemudian, 98% siswa nilai rendah memiliki kesulitan listening pada the message, 97% pada the speaker, 98% pada the listener, dan 95% pada the physical setting. 
THE EFFECT OF CONTEXT PIZZA STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION (A STUDY AT THE SECOND GRADE OF SMAN 2 BATANG KAPAS) IN 2013/2014 ACADEMIC YEAR Alicia, Dona; Riska, Addha Rima; Elmiati, Elmiati
Pendidikan Bahasa Inggris Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013
Publisher : Pendidikan Bahasa Inggris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari context pizza strategy dalam pengajaran Bahasa Inggris khussusnya reading penelitian ini menggunakan metode experimen dengan menggunakan dua kualifikasi yaitu kelas control dan kelas experimen. Pada kelas experiment diberikan perlakuan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan context pizza starategy dan kelas control menggunakan questioning strategy. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI.SMAN 2 Batang Kapas Tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 172 siswa, setelah diambil nilai semester 2 kelas X Tahun ajaran 2012/2013 dari guru Bahasa Inggris SMA N 2 Batang Kapas,dan peneliti memilih pada jurusan XI.IPA. dan peneliti mencari nilai rata-rata XI. IPA tersebut dan menemukan dua kelas yang memiliki kesamaan  kemampuan yang akan dijadikan kelas experimen dan kelas control. Penulis menjadikan kelas XI.IPA.1 sebagai kelas experimen dan kelas XI.IA.2 sebagai kelas kontrol.Hasil analisis pada penelitian ini diklasifikasikan dalam bentuk narrative text Berdasarkan hasil analisis narrative text, didapat rata-rata hasil test pada kelas experimen 75,11 dan standar deviasi438,32. Sedangkan rata-rata kelas kontrol 67,97 dan standar deviasi 179,29. Pengujian hipotesis  ini dilakukan dengan Uji t-table, setelah dilakukan pengujian diperoleh t-calculated untuk tes narrative  2,03 lebih besar dari t-table 1,67, maka hipotesis pada penelitian ini diterima,sehingga disimpulkan menggunakan context pizza strategy dapat memberikan efek yang baik pada hasil Bahasa Inggris khususnya  dalam membaca pada siswa kelas dua SMA N 2 Batang Kapas 
TEACHING READING BY USING COMBINATION OF SELF QUESTIONING STRATEGY AND NOTE TAKING STRATEGY AT JUNIOR HIGH SCHOOL Febrianti, Ria; Siska, Siska
Pendidikan Bahasa Inggris Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Publisher : Pendidikan Bahasa Inggris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Dalam proses belajar mengajar Bahasa Inggris diperlukan adanya suatu teknik pengajaran yang tepat dan efektif. Pengajaran yang tepat dan efektif sangat membantu siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan mereka didalam belajar. Namun, tingkat pemahaman siswa terhadap Bahasa Inggris tidak hanya dapat ditingkatkan melalui teknik pelajaran tapi juga diperlukan suatu strategi yang efektif dalam mengevaluasi kemampuan siswa untuk memahami teks yang dibaca. Dengan menggunakan Self Question Strategy and Note Taking Strategy dalam mengevaluasi kemampuan siswa, guru dapat mengetahui tingkat kemampuan dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran atau teks yang telah diberikan.Dalam strategi ini guru menggunakan Self Question strategy yaitu dengan memberikan sebuah teks narrative kepada siswa kemudian guru meminta siswa untuk membuat pertanyaan sendiri berdasarkan teks yang diberikan sebelumnya, dari pertanyaan yang dibuat oleh siswa tersebut guru menggunakan Note Taking Strategy yaitu meminta siswa memasukkan pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya dalam sebuah grafik, kotak, dan  lain-lain. Kombinasi strategi ini tidak hanya membantu guru dalam mengetahui kemampuan siswa tapi juga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami suatu bacaan. Makalah ini diharapkan mampu memberikan masukan yang efektif bagi guru, khususnya Bahasa Inggris untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh siswa dan tingkat pemahaman siswa dalam memahami suatu teks yang diberikan.

Page 1 of 57 | Total Record : 565