Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

0USING POW+TREE AND CDO STRATEGY IN TEACHING WRITING REPORT TEXT FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Terescova, Valentina (Unknown)
Analido, Belinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

  Dalam pengajaran bahasa inggris ada empat keterampilan penting yang harus dikuasai oleh siswa. Yaitu keterampilan mendengar, membaca, berbicara dan menulis. Keempat keterampilan tersebut saling berkaitan satu dengan yang lainnya agar dapat menguasai kemampuan berbahasa inggris yang baik. Namun, fenomena di lapangan ternyata masih banyak siswa yang belum bisa menguasai keterampilan tersebut dengan baik.            Dalam penulisan makalah ini, penulis akan mendiskusikan salah satu dari keempat keterampilan berbahasa tersebut, yakni keterampilan dalam menulis. Sebagian besar siswa beranggapan bahwa menulis merupakan suatu hal yang membosankan, selain tu, mereka juga sulit untuk bisa membuat kalimat menjadi kalimat  yang bisa dipahami. Oleh karena itu diperlukan sebuah strategi untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut. Dan di dalam makalah ini, penulis akan membahas sebuah strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pengajaran terhadap siswa dalam menulis, yaitu strategi POW+TREE dan CDO. Strategi ini akan membantu para guru dalam pengajaran menulis bagi siswa. Adapun kelebihan strategi ini adalah siswa akan memiliki kemampuan untuk membuat tulisan lebih kreatif karena menulis berdasarkan fakta yang ada dan diperkuat dengan alasan-alasan yang objektif dalam membuat sebuah tulisan. Melalui strategi ini siswa akan terlatih untuk menjadi penulis yang baik dalam membuat sebuah tulisan.  

Copyrights © 2013