ABSTRAK             Writing adalah salah satu keahlian yang penting dipelajari oleh siswa selain listening, speaking, dan reading. Dengan writing siswa bisa menambah ilmu pengetahuannya. Dalam makalah ini, penulis membahas âStrategy RAFT dan SemanticImpression. Dalam aplikasinya, guru memberikankan siswa dengan sebuah bukti pendapat kemudian guru menulis keduanya pada papan tulis atau menunjukkan mana yang pendapat dan mana yang bukti. Kemudian guru menyuruh siswa untuk menulis sebuah opini dan bukti pendapat berdasarkan teks. Kemudian siswa menulis esay yang berhubungan dengan pendapat mereka dan bukti pokok pembicaraan kalimat serta kalimat pendukungnya. Setelah semua berlangsung, terakhir, ada beberapa aktifitas di sana; pertama, siswa mengembangkan kriteria khusus untuk menentukan nilai dari tulisan mereka. kedua, guru membagi siswa ke dalam kelompok kecil, dan menyuruh mereka membaca pada setiap paragrafnya kemudian siswa mengedit dan meninjau kembali paragraf apa yang mereka tulis. Dengan demikian, pembelajaran menulis tidak lagi pembelajaran yang sulit bagi siswa dan starategi ini juga sangat membantu guru dalam mempelajari teks naratif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013