ABSTRAK Proses belajar mengajar Bahasa Inggris diperlukan adanya suatu strategi pengajaran yang tepat dan efektif. Pengajaran yang tepat dan efektif sangat membantu siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan mereka didalam belajar Bahasa Inggris. Kompetensi siswa didalam belajar Bahasa Inggris tergantung pemahaman mereka terhadap suatu bacaan baik berupa buku, koran, majalah dan materi pembelajaran.Namun, pemahaman siswa terhadap Bahasa Inggris bisa ditingkatkan melalui strategi pengajaran yang efektif dalam mengevaluasi kemampuan siswa untuk membaca teks yang dibaca. Dengan menggunakan strategi kombinasi Highlighting and Paired Reading strategy dalam mengevaluasi kemampuan membaca siswa, guru dapat mengetahui tingkat kemampuan dan kelancaran siswa terhadap teks yang dibaca. Dalam penerapan aplikasi pertama guru menerapkan Highlighting strategi. Strategi ini diawali dengan membagikan materi berupa teks report untuk mereka baca terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan menggaris bawahi kata-kata yang tidak mereka ketahui. Ini bertujuan untuk memahami teks, mendapatkan informasi dari teks dan ide. Disini akan jelas terlihat mana siswa yang bisa memahami teks dengan baik mana yang kurang mengerti dari pemahaman teks yang dibaca tadi. Pada strategi Paired Reading siswa diminta untuk berkelompok dalam membaca teks agar mereka bisa membagi ide-ide yang terlewatkan yang ada dalam teks bacaan. Makalah ini diharapkan mampu memberi masukan yang efektif bagi guru untuk mengajar Bahasa Inggris dalam mengetahui kemampuan siswanya dan khususnya bagi siswa dalam memahami suatu bacaan. Â
Copyrights © 2013