ABSTRAK Membaca adalah salah satu keahlian yang sangat penting dalam melaksanakan proses belajar mengajar pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), namun kebanyakan dari siswa mengalami masalah dalam memahami sebuah teks. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan dasar membaca siswa dan keterbatasan kosa kata yang dimiliki oleh siswa. Makalah ini dituju bagi guru-guru Bahasa Inggris dalam pelaksanaan pengajaran reading sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar membaca di dalam kelas.Dalam makalah ini penulis membahas tentang bagaimana meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca dengan menggunakan kombinasi dari That was Then this Is Now Strategi dan Smart startegi. That Was Then This Is Now Startegi adalah salah satu alternatif strategi dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa dengan menggunakan gambar sehingga bisa mengaktifkan pengetahuan awal siswa tentang isi text tersebut. Sedangkan Smart Strategi adalah salah satu strategi yang meningkatkan pemahaman siswa tentang isi dari text. Dalam penerapan strategi ini adalah guru terlebih dahulu untuk memilih gambar yang akan ditunjukkan pada siswa yang berhubungan dengan topik hari itu, setelah itu guru meminta siswa untuk menafsirkan apa topik hari itu berdasarkan gambar . Setelah itu, guru meminta siswa untuk menggambarkan pemahamn mereka tentang cerita berdasarkan gambar yang ada. Kemudian guru menjelaskan materi dan memberikan contoh text berdasarkan gambar kemudian guru membaca text , setelah itu baru guru menyuruh siswa membaca dan membuat ringkasan tentang cerita tersebut berdasarkan kata- kata mereka sendiri apa isi text tersebut.
Copyrights © 2013