ABSTRAKReading adalah salah satu keahlian yang penting dipelajari oleh siswa selain listening, speaking, and writing. Dengan reading siswa bisa menambah ilmu pengetahuannya. Dalam makalah ini, penulis membahas âStrategy Clink-Clunk dan Classwide Peer Tutoring (CWPT)â, sebagai salah satu strategy dalam pengajaran reading pada teks narrative untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam reading. Dalam penggunaan strategi ini, siswa diberikan sebuah teks dan mereka diminta untuk menemukan kata-kata yang  tidak mereka  mengerti (Clunk) dan kata-kata yang dimengerti (Clink). Setelah mendefinisikan semua kata yang dipilih dari teks, siswa diminta untuk duduk berpasangan, dan siswa mendiskusikan teks tersebut. Dimana masing-masing mereka memberikan penilaian terhadap hasil jawaban dari setiap pasangan, di dalam pasangan dibagi menjadi tutor dan tutee, tutor memberikan penilaian dua poin kepada tutee tiap jawaban yang benar dan jawaban yang salah di berikan satu poin proses ini dilakukan secara bergantian (Classwide Peer Tutoring), jadi dapat disimpulkan bahwa strategi ini sangat bermanfaat bagi siswa untuk mengetahui kata sulit yang ada dalam teks dan mampu memahami arti dari kata-kata sulit, selain itu dengan menggunakan strategi ini siswa lebih mudah untuk memahami isi dari teks narrative dan juga memiliki keberanian dalam mengemukakan ide mereka tentang pemahaman dari kata sulit tersebut. Dengan demikian, pembelajaran membaca tidak lagi pembelajaran yang sulit bagi siswa.Â
Copyrights © 2013