Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING IN NARRATIVE TEXT BY USING PREDICT-O-GRAM STRATEGY COMBINED WITH JIGSAW STRATEGY AT THE EIGHTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL

Reza, Nosa (Unknown)
Yulmiati, Yulmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK Proses belajar mengajar Bahasa Inggris diperlukan adanya suatu strategi pengajaran yang tepat dan efektif. Pengajaran yang tepat dan efektif sangat membantu siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan mereka didalam belajar Bahasa Inggris. Kompetensi siswa didalam belajar Bahasa Inggris tergantung pemahaman mereka terhadap suatu bacaan baik berupa buku, koran, majalah dan materi pembelajaran. Namun, pemahaman siswa terhadap Bahasa Inggris tidak hanya ditingkatkan melalui strategi pengajaran, tetapi juga diperlukan suatu strategi yang efektif dalam mengevaluasi kemampuan  siswa untuk membaca teks yang dibaca. Dengan menggunakan strategi kombinasi Predict-O-Gram dan Jigsaw dalam mengevaluasi kemampuan membaca siswa, guru dapat mengetahui tingkat kemampuan dan kelancaran siswa terhadap teks yang dibaca.Dengan menggabungkan strategi Predict-O-Gram dan Jigsaw, dalam penerapan aplikasinya terlebih dahulu guru membagi siswa dalam kelompok dan mendistribusikan chart dan teks naratif kepada siswa. Selanjutnya siswa diminta menganalisis dan memprediksikan kosakata baru yang berhubungan dengan struktur cerita seperti karakter, tempat, tindakan dan penyelesaian cerita tersebut. Kemudian anggota kelompok dengan topik yang sama membentuk kelompok dan mendiskusikan hasil prediksi tersebut berdasarkan apa yang sudah mereka pelajari. Selanjutnya siswa kembali ke kelompok semula dan mengajarkan informasi yang didapat kepada anggota yang lain. Dengan adanya penggabungan strategi ini dapat membantu siswa dalam memahami alur cerita dengan cepat dan dapat membantu siswa untuk meningkatkan kosakata siswa dalam membaca.   

Copyrights © 2013