ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh dari strategi POSSE dan Question Answer dalam reading comprehension (pemahaman membaca). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode eksperimen (posttest only group design) yang menggunakan 1 kelas eksperimen dan 1 kelas control, karena strategi POSSE belum pernah diterapkan di SMPN 2 Jujuhan sebelumnya. Satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen pertama yang diterapkan strategi POSSE dalam pengajaran membaca. Sementara itu, kelas yang lain digunakan sebagai kelas eksperimen kedua yang diterapkan  strategi  Question  Answer  dalam pengajaran  membaca.  Populasi  dari penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMPN 2 Jujuhan tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 90 siswa yang terbagi dalam 3 kelas ( VIII.a, VIII.b, VIII.c) . Pada penelitian ini, peneliti  memilih  kelas  sampel berdasarkan  uji homogenitas  dan uji normalitas masing â masing kelas. Dua kelas yang normal dan homogen akan menjadi sampel. Untuk menentukan kelas eksperimen pertama dan kelas eksperimen kedua digunakan flipping coin. Yang terpilih sebagai kelas eksperimen pertama adalah VIII.a, dan kelas VIII.c sebagai kelas control. Perlakuan yang diberikan pada kedua kelas eksperimen adalah sebanyak 8 kali pertemuan. Materi yang diajarkan berkaitan dengan genre (jenis teks) yaitu: narrative text dan recount text. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis berjumlah 50 soal yang berbentuk pilihan ganda. Untuk melihat kelayakan soal, peneliti melakukan tes uji coba (try-out) di kelas yang berbeda yaitu kelas VIII.b  dengan tes tertulis berjumlah 50 butir soal dan peneliti mendapatkan hasil bahwa 40 soal layak digunakan untuk posttest. Selanjutnya, diberikan posttest dengan jumlah soal yang sama dengan tes uji coba. Berdasarkan hasil analisis post test didapat rata-rata hasil tes pada kelas eksperimen adalah 73 dan standar deviasi 10.90 dan kelas kontrol adalah 62 dan standar deviasi 9,88Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan uji t, setelah dilakukan pengujian diperoleh ttest4,06 lebih besar dari ttable 2.00, sehingga disimpulkan bahwa Strategi POSSE dapat memberikan  signifikan  efek  dibandingkan  strategi  Question  Answer  terhadap  hasilbelajar Bahasa Inggris khususnya dalam kemampuan pemahaman membaca pada siswa kelas delapan SMPN 2 Jujuhan Rantau Ikil.
Copyrights © 2013