Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

TEACHING READING BY USING HERRINGBONE TECHNIQUE THAT COMBINED WITH BUZZ GROUP TECHNIQUE AT SENIOR HIGH SCHOOL

Imelyati, Imelyati (Unknown)
YULMIATI, YULMIATI (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

Reading (membaca) adalah salah satu dari empat keahlian dasar dalam Bahasa Inggris. Membaca merupakan proses untuk memahami makna yang terdapat dalam teks dengan mencari ide yang terdapat dalam teks tersebut. Dalam proses belajar mengajar, banyak cara atau teknik yang dapat digunakan untuk membantu siswa memahami pelajaran dan memudahkan proses belajar mengajar, terutama dalam reading (membaca). Dalam makalah ini, penulis membahas tentang bagaimana mengajarkan reading dengan menggabungkan dua teknik, yaitu Herringbone and Buzz Group Technique. Herringbone technique adalah sebuah teknik yang membantu siswa agar lebih mudah menemukan ide yang terdapat dalam sebuah bacaan dengan memberikan enam pertanyaan pemahaman (5W+H). Sedangkan Buzz group technique teknik pengajaran yang diaplikasikan dengan cara membagi siswa kedalam beberapa kelompok untuk membahas sebuah bacaan. Dalam aplikasinya, prosedur masing-masing teknik digabungkan atau di gunakan dalam whils-teaching activity. Untuk menjawab pertanyaan pemahaman yang diberikan dalam herringbone teknik, siswa melakukan diskusi dalam kelompok dengan menggunakan buzz group teknik. Penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu guru dalam pengajaran reading, yaitu supaya siswa lebih bersemangat dalam membaca dan mudah dalam menemukan ide dalam sebuah bacaan. Selain itu, kedua teknik ini diharapkan untuk bisa tercapainya tujuan pembelajaran membaca pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

Copyrights © 2013