Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antarasiswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas dengan siswa yang belajarmenggunakan model pembelajaran langsung pada pembelajaran fisika kelas XI di SMA Negeri 1Tegallalang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif jenis penelitian eksperimensemu (quasi experiment) dengan desain penelitian menggunakan one way pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa semesterganjil jurusan IPA SMA Negeri 1 Tegallalang tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan data dilakukandengan menggunakan tes prestasi belajar berbentuk pilihan ganda diperluas. Analisis yangdigunakan pada penelitian ini adalah analisis varian (ANAVA) satu jalur dengan taraf signifikansi 5%dan analisis gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajarantara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas (free inquiry) dengansiswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction) padapembelajaran fisika kelas XI di SMA Negeri 1 Tegallalang. Berdasarkan pada analisis gain score,penggunaan model pembelajaran inkuiri bebas menunjukkan peningkatan prestasi belajar lebih tinggidibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung.Kata kunci: Inkuiri bebas, pembelajaran langsung, prestasi belajar.
Copyrights © 2018