Penelitian ini bertujuan: (1) menganalisis perbedaan pemahaman konsep (PK) fisika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran perubahan konseptual (MPPK) dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (MPK), (2) menganalisis perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang memiliki motivasi epistemik tinggi (MET) dan siswa yang memiliki motivasi epistemik rendah (MER), dan (3) menganalisis pengaruh interaktif antara model pembelajaran (MP) dan motivasi epistemik (ME) terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA LAB UNDIKSHA tahun pelajaran 2013/2014. Sampel terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 64 siswa yang diambil dengan cara simple random sampling. Data ME dikumpulkan dengan menggunakan angket ME dan data PK dikumpulkan dengan 20 butir tes PK. Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan statistik ANAKOVA dua jalur dengan skor pretest sebagai kovariat. Pengujian hipotesis nol dilakukan pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Secara deskriptif kelompok MPPK-MET paling unggul dalam pencapaian PK dan penurunan miskonsepsi; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan PK antara siswa pada kelompok MPPK dibandingkan MPK (F=17,583; p
Copyrights © 2014