Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan menggunakan model Project-Based Learning berbantuan Know-Want-Learn worksheet (PjBLKWL), model Project-Based Learning (PjBL), dan model Direct Instruction. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan rancangan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah 241 orang. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa yang dikumpulkan dengan tes essay berjumlah 10 butir. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan ANAVA pada gain score ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah yang signifikan antara siswa yang belajar dengan menggunakan PjBLKWL, PjBL, dan DI (F=9,764; p
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014