Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ READING MOTIVATION AND STUDENTS’ READING COMPREHENSION (A study at Eleventh Grade of SMA Negeri 11 Padang)

Erman, Eriska (Unknown)
Yulmiati, Yulmiati (Unknown)
Handayani, Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada atau tidak korelasi positif antara motivasi membaca dan pemahaman membaca siswa. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 2 SMA Negeri 11 Padang tahun ajaran 2013/2014. Ada dua jurusan di kelas 2 SMA Negeri 11 Padang ini, yaitu kelas IPA dan kelas IPS. Akan tetapi, pada penelitian ini peneliti menggunakan kelas IPA sebagai populasi. Total siswa dari kelas IPA adalah 155 siswa, terdiri dari 5 kelas, yaitu XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4 dan XI IPA 5. Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan cluster random sampling teknik dengan memilih satu kelas sebagai kelas uji coba dan satu kelas sebagai kelas penelitian. Dalam penelitian ini sampelnya adalah kelas XI IPA 3 dengan 32 siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan angket untuk mengukur motivasi membaca siswa dan test membaca untuk mengukur pemahaman membaca siswa. Untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang angket motivasi membaca, peneliti menggunakan wawancara dengan 10 pertanyaan. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan Koefisien Korelasi Product Moment. Setelah menganalisis data, peneliti menemukan nilai dari r-hitung adalah 0.555 dengan level signifikan 0.05. Hasil dari r-tabel adalah 0.349 dengan level signifikan 0.05 dan degree of freedom (df=n-2). Ini berarti r-hitung lebih tinggi dari pada r-tabel (0.555 > 0.349), maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi membaca mempengaruhi pemahaman membaca siswa. Siswa yang memiliki motivasi membaca yang tinggi juga memiliki pemahaman membaca yang tinggi. 

Copyrights © 2013