Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING COMPREHENSION BY USING MARKING THE TEXT STRATEGY FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Sari, Neci Almani (Unknown)
Yani, Titik Hardewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKMembaca adalah sebuah proses interaksi antara pembaca dengan penulis melalui teks. Oleh karena itu, dengan membaca, pembaca dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan. Pengalaman membaca dapat meningkatkan pengetahuan dan menambah ilmu pengetahuan. Namun, banyak siswa tidak bisa mendapatkan informasi yang penting dalam teks. Ditambah lagi siswa sulit memahami isi teks. Seperti, siswa sulit menemukan topik, ide utama dan penjelasan. Selain itu, siswa mempunyai kosa kata yang terbatas. Ini bisa dilihat dari penampilan siswa yang lama dalam membaca. Berdasarkan masalah diatas, guru bisa menyelesaikan masalah ini dengan menggunakan “Marking the Text Strategy”. Marking the text strategy merupakan salah satu strategi yang membuat siswa aktif dalam membaca yang bertujuan untuk menemukan informasi. Strategi ini memiliki tiga langkah yang harus diperhatikan. Pertama, siswa harus memberikan nomor pada tiap-tiap paragraf dalam teks. Kedua, siswa harus memberikan bulatan pada nama-nama karakter dan tempat atau menggambarkan ide-ide dalam teks. Terakhir, siswa harus menggaris bawahi pendapat-pendapat pengarang. Seperti, rentetan cerita dari awal sampai akhir dan menggambarkan kejadian yang sudah terjadi. Sehingga, strategi ini dapat membantu siswa dalam memahami isi teks secara detail. Disamping itu, siswa juga dapat tertarik dan aktif dalam membaca. 

Copyrights © 2013