Edukasi Lingua Sastra
Vol 16 No 1 (2018): Edukasi Lingua Sastra

THE INFLUENCE OF THINK-ALOUD STRATEGY AND READING INTEREST TOWARD READING COMPREHENSION STUDENTS OF ADAB FACULTY IAIN RADEN FATAH PALEMBANG

Nyayu Yayu Suryani (STKIP Muhammadiyah Kotabumi)



Article Info

Publish Date
15 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) ada perbedaan yang signifikan dalam pemahaman membaca dengan menggunakan strategi think-aloud dan strategi konvensional; (2) ada perbedaan yang signifikan dalam pemahaman membaca antara strategi think-aloud dan teknik konvensional berdasarkan tingkat high level dalam minat membaca; (3) ada perbedaan yang signifikan dalam pemahaman membaca antara strategi think-aloud dengan menggunakan teknik konvensional berdasarkan tingkat low level dalam minat membaca; (4) ada pengaruh interaksi dari strategi yang digunakan dan minat baca yang diajarkan terhadap prestasi pemahaman membaca. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester dua Fakultas Adab di IAIN Raden Fatah Palembang yang terdiri dari 248 siswa. Sampel penelitian ini adalah 84 mahasiswa dengan menggunakan random sampling. Metode penelitian ini adalah metode eksperimental. Penelitian ini dikategorikan dalam (low and high interest). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan dalam pencapaian pemahaman membaca antara strategi Think-aloud dan strategi konvensional. (2) ada perbedaan yang signifikan dalam pencapaian pemahaman membaca antara strategi think-aloud dengan menggunakan teknik konvensional berdasarkan high interest dalam minat membaca. (3) ada perbedaan yang signifikan dalam pencapaian pemahaman membaca antara strategi think-aloud dengan menggunakan teknik konvensional berdasarkan low interest minat membaca. (4) ada pengaruh interaksi yang signifikan antara strategi think-aloud dan minat membaca terhadap pemahaman membaca.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

elsa

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Edukasi Lingua Sastra (ELSA) (e-ISSN: 1693-9263 and p-ISSN: 2621-0673) has regularly published two times a year in April and September. The procedure starts with the submission process, review, revision, plagiarism check, and finally publish. Edukasi Lingua Sastra (ELSA) is a journal that contains ...