ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada atau tidak korelasi positif antara kelancaran membaca dan pemahaman membaca siswa. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa tahun ke tiga jurusan Bahasa Inggris di STKIP PGRI Padang dengan total siswa lebih kurang 450 mahasiwa yang dibagi dalam 12 kelas (2011A sampai L) pada tahun ajaran 2013/2014. Akan tetapi, pada penelitian ini peneliti menggunakan kelas 2011 A, B, F, G, K, L untuk memilih sampel setelah peneliti melakukan uji homogenitas dan normalitas populasi. Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan cluster random sampling teknik dengan memilih satu kelas sebagai kelas uji coba dan satu kelas sebagai kelas penelitian. Dalam penelitian ini sampelnya adalah kelas 2011 G dengan 38 siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan test kelancaran membaca siswa dalam Bahasa Inggris untuk mengukur kelancaran membaca siswa dan test pemahaman membaca untuk mengukur pemahaman membaca siswa. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan Koefisien Korelasi Product Moment. Setelah menganalisis data, peneliti menemukan nilai dari r-hitung adalah 0.289 dengan level signifikan 0.05. Hasil dari r-tabel adalah 0.329 dengan level signifikan 0.05 dan degree of freedom (df=n-2). Ini berarti r-hitung lebih rendah dari pada r-tabel (0.289 < 0.329), maka hipotesis pada penelitian ini ditolak. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kelancaran membaca tidak mempengaruhi pemahaman membaca siswa. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013