Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa
Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa

STUDI SURVEI KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V

Lisa Citra Ayu (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)
Agusta Kurniati (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)
Eliana Yunitha Seran (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 09 Sintang. Jenis  penelitian  yang  digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif berbentuk survey. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, dan teknik komunikasi langsung dengan alat pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar angket. Analisis data kualitatif terdiri atas empat alur kegiatan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat sebagai berikut: (1) kemampuan  berbicara siswa di kelas V sudah  baik; (2) upaya yang di lakukan guru untuk meningkatkan kemampuan berbicara di kelas  yaitu  penggunaan  metode  tanya  jawab dan diskusi serta mengajak siswa ke perpustakaan untuk membaca buku setelah itu meminta siswa untuk bercerita; (3) faktor  pendukung  kemampuan  berbicara  siswa  adalah  penggunaan Bahasa  Indonesia  yang  baik  dan  benar, mengikuti perintah guru dengan tekun untuk  bercerita,  berkunjung ke perpustakaan, serta mau ketika  diminta  guru  untuk  tampil  di depan kelas, sedangkan faktor penghambat adalah masih ada siswa yang pasif serta keberadaan sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPDP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal pendidikan dasar perkhasa merupakan jurnal penelitian bidang pendidikan dasar yang terbit dua kali setahun yakni bulan April dan ...