Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 09 Sintang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif berbentuk survey. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, dan teknik komunikasi langsung dengan alat pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar angket. Analisis data kualitatif terdiri atas empat alur kegiatan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat sebagai berikut: (1) kemampuan berbicara siswa di kelas V sudah baik; (2) upaya yang di lakukan guru untuk meningkatkan kemampuan berbicara di kelas yaitu penggunaan metode tanya jawab dan diskusi serta mengajak siswa ke perpustakaan untuk membaca buku setelah itu meminta siswa untuk bercerita; (3) faktor pendukung kemampuan berbicara siswa adalah penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, mengikuti perintah guru dengan tekun untuk bercerita, berkunjung ke perpustakaan, serta mau ketika diminta guru untuk tampil di depan kelas, sedangkan faktor penghambat adalah masih ada siswa yang pasif serta keberadaan sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai.
Copyrights © 2015