Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa
Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA BAGI SISWA KELAS 5 SD

Erika Ayu Anggraini (Universitas Kristen Satya Wacana)
Gamaliel Septian Airlanda (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas model pembelajaran Inquiry Learning dan Discovery Learning ditinjau dari sikap ilmiah siswa pada muatan pembelajaran IPA bagi siswa kelas 5 SD. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri 1 Jelok dan SD Negeri Randu. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimental semu yang menggunakan pendekatan non-equivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas variabel bebas yakni model pembelajaran Inquiry Learning dan Discovery Learning dan variabel terikat yakni sikap ilmiah siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Dalam menganalisis data dilaksanakan uji beda melalui Independent Sampel T-Test. Hasil uji beda menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) angket kondisi akhir sikap ilmiah siswa sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,005 (0,000<0,005) sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara model pembelajaran Inquiry Learning dan Discovery Learning ditinjau dari sikap ilmiah siswa pada muatan pembelajaran IPA bagi siswa kelas 5 SD. Hasil skor rata – rata kondisi akhir sikap ilmiah siswa kelas eksperimen 1 lebih besar dibandingkan dengan kelas eksperimen 2 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inquiry Learning lebih efektif dibandingkan dengan perlakuan berupa model pembelajaran Discovery Learning ditinjau dari sikap imiah siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPDP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal pendidikan dasar perkhasa merupakan jurnal penelitian bidang pendidikan dasar yang terbit dua kali setahun yakni bulan April dan ...