Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas model pembelajaran Inquiry Learning dan Discovery Learning ditinjau dari sikap ilmiah siswa pada muatan pembelajaran IPA bagi siswa kelas 5 SD. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri 1 Jelok dan SD Negeri Randu. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimental semu yang menggunakan pendekatan non-equivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas variabel bebas yakni model pembelajaran Inquiry Learning dan Discovery Learning dan variabel terikat yakni sikap ilmiah siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Dalam menganalisis data dilaksanakan uji beda melalui Independent Sampel T-Test. Hasil uji beda menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) angket kondisi akhir sikap ilmiah siswa sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,005 (0,000<0,005) sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara model pembelajaran Inquiry Learning dan Discovery Learning ditinjau dari sikap ilmiah siswa pada muatan pembelajaran IPA bagi siswa kelas 5 SD. Hasil skor rata – rata kondisi akhir sikap ilmiah siswa kelas eksperimen 1 lebih besar dibandingkan dengan kelas eksperimen 2 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inquiry Learning lebih efektif dibandingkan dengan perlakuan berupa model pembelajaran Discovery Learning ditinjau dari sikap imiah siswa.
Copyrights © 2019