Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

ENCOURAGING STUDENTS’ SPEAKING SKILL BY USING DISCUSSION WEB STRATEGY COMBINED WITH ACADEMIC CONTROVERSY STRATEGY FOR SENIOR HIGH SCHOOL

Ardiansyah, Muhammad (Unknown)
Handayani, Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKPengajaran berbicara dalam bahasa Inggris (Speaking)  adalah krusial bagi siswa. Bagi siswa pada sekolah menengah atas (SMA), mereka harus bisa menguasai kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris (speaking). Dalam aplikasi pembelajaran bahasa Inggris, banyak siswa masih memiliki permasalahan dalam berbicara bahasa inggris (speaking). Banyak siswa yang tidak bisa berbicara dalam bahasa Inggris dengan aktif, ini disebabkan oleh mereka tak punya kesempatan yang lebih untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris.Dalam makalah ini, penulis membahas bagaimana pengajaran speaking melalui penggunaan kombinasi strategi Discussion Web dan strategi Academic Controversy. Strategi kombinasi ini mempermudah guru dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara dalam bahasa Inggris. Selain itu strategi kombinasi ini juga meningkatkan kemampuan analisis, kritis, serta mengambil kesimpulan terhadap sebuah permasalahan. Strategi Discussion Web meningkatan kemampuan siswa dalam menganalisis sebuah permasalahan melalui grup. Strategy Academic Controversy  membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris (Speaking) melalui debate. Tujuan penggabungan dua strategi ini adalah supaya siswa mendapatkan kesempatan lebih dalam proses pembelajaran. Penulis berharap agar strategi kombinasi ini bisa menjadi panduan bagi guru dalam mengajar teks Analitycal Exposition.  

Copyrights © 2013