Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

TEACHING READING BY COMBINING REAP (READ, ENCODE, ANNOTATE, PONDER) STRATEGY AND EXIT SLIPS STRATEGY AT SENIOR HIGH SCHOOL

Susanti, Rini (Unknown)
Dewi, Rusmala (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana mengajarkan membaca (reading) dengan menggabungkan dua strategi yaitu Reap and Exit Slips strategy. Adapun aplikasinya, pertama, guru menggunakan strategi Reap, yang diawali dengan pembagian kelompok oleh guru dimana masing-masing anggota kelompok diberikan sebuah teks, kemudian siswa dipandu oleh guru untuk memahami teks yang didiskusikan dalam setiap kelompok. Setelah itu masing-masing kelompok menulis pemahaman mereka dalam sebuah catatan dan mengemukakan pemahaman mereka didepan kelas. Kedua yaitu Exit Slips, dalam aplikasi strategi ini guru akan mendapatkan umpan balik dari pemahaman masing-masing siswa. Setiap siswa memberikan pertanyaan dari pelajaran yang belum mereka pahami dalam teks yang didiskusikan melalui Exit Slips card yang diberikan oleh guru. Setelah itu guru akan memilih salah satu Exit Slips card untuk didiskusikan dan dijelaskan kepada siswa. Hal ini juga diharapkan untuk tercapainya tujuan pembelajaran membaca (Reading) pada siswa sekolah menengah atas (SMA). Jadi, melalui pengajaran  kombinasi kedua strategi ini, siswa mampu memahami teks yang diberikan oleh guru, disamping itu guru juga dapat mengetahui sejauh mana pemahaman masing-masing siswa di dalam membaca (Reading) pada siswa menengah atas (SMA).

Copyrights © 2013