Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Vol 4 No 1 (2020): Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Transformative Learning Terhadap Keberdayaan Masyarakat Di Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Raudhatul Ulum Al-Islamiyah Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember

Efendi, Muhamad Yoga (Unknown)
Indrianti, Deditiani Tri (Unknown)
Himmah, Irliana Faiqotul (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan transformative learning terhadap keberdayaan masyarakat pada masyarakat RT 02 Sukorambi. Jenis penelitian menggunakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan lokasi secara purposive area di Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Raudhatul Ulum Al-Islamiyah Sukorambi. Populasi penelitian sebanyak 32 orang dengan sampel penelitian menggunakan total sampling sehingga diperoleh 32 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai interpretasi hubungan antara transformative learning dengan keberdayaan masyarakat tergolong memiliki hubungan yang kuat dengan nilai rhitung sebesar 0,624. Kuatnya hubungan antara pembelajaran dan keberdayaan dikarenakan oleh pembelajaran transformative yang sudah dilaksanakan dengan baik yang mencakup proses pembelajaran, strategi dan metode yang digunakan. Dengan demikian Transformative learning yang telah dilakukan berdampak positif pada perubahan pola pikir masyarakat Sukorambi yang lebih baik dalam hal agama dan etika di lingkungan, keluarga dan masyarakat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JLC

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The journal accepts article submissions from worldwide scholars, authors, and novice researchers in (but not limited to) the following area of studies: 1. Adult and Continuing Education 2.Training dan Human Resource Development 3. Community Empowerment 4. Parenting Education 5. Innovation in ...