Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Vol 2 No 1 (2018): Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

PERAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DALAM PEMBINAAN NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA JEMBER

Rachmawati, Yulia Nur (Unknown)
Marijono, Marijono (Unknown)
Imsiyah, Niswatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2018

Abstract

Lembaga pemasayarakatan menjadi tempat anak memperoleh haknya yaitu pendidikan. Pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan/atau pelengkap pendidikan formal. Berdasarkan peran dan fungsinya pendidikan nonformal disesuaikan dengan program pembinaan narapidana yang diselenggarakan di Lapas. Masalah penelitian ini adalah bagaimana peran pendidikan luar sekolah dalam pembinaan narapidana anak di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember. Adapun manfaat teoritis dari penelitian ini adalah penelitian ini diharapkan dapat memberi wawasan informasi yang luas dan inovasi yang baru dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya keilmuan pendidikan nonformal. Sedangkan manfaat praktis dari penelitian ini yaitu hasil penelitian ini diharapkan menjadi salah satu bahan masukan, dan bahan evaluasi dalam meningkatkan kualitas pembinaan narapidana anak khususnya yang berhubungan dalam ranah pendidikan luar sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan teknik Purposive Area, yaitu di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, dan teknik penentuan Informan menggunakan teknik Snowball Sampling. Dengan informan kunci yaitu Narapidana Anak serta informan pendukung yaitu Kabag Binadik dan Kabag Bimkeswat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yakni menggunakan perpanjangan penelitian, peningkatan ketekunan, dan triangulasi menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis model Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang telah diolah maka dapat diketahui bahwa pendidikan luar sekolah memiliki peran dalam pembinaan narapidana anak LP Kelas IIA Jember melalui program pembinaan kepribadian dan tidak berperan pada pembinaan kemandirian.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JLC

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The journal accepts article submissions from worldwide scholars, authors, and novice researchers in (but not limited to) the following area of studies: 1. Adult and Continuing Education 2.Training dan Human Resource Development 3. Community Empowerment 4. Parenting Education 5. Innovation in ...