Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Vol 3 No 1 (2019): Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Efektifitas Program Pendidikan Nonformal Terhadap Pemberdayaan Gelandangan Dan Pengemis Di Lingkungan Pondok Sosial Kabupaten Jember

Hadi, Sofyan (Unknown)
Imsiyah, Niswatul (Unknown)
Alkornia, Sylva (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2019

Abstract

Salah satu masalah kemiskinan yaitu makin banyaknya jumlah gelandangan dan pengemis, yang disebabkan oleh kualitas hidup masih dibawah garis kemiskinan. Sejalan dengan hal itu, Lingkungan Pondok Sosial (Liposos) yang merupakan lembaga di Kabupaten Jember yang mempunyai program pemberdayaan khususnya program pelatihan yang merupakan program dari pendidikan non formal. Tujuanya untuk mengetahui efektifitas program pendidikan non formal terhadap pemberdayaan gelandangan dan pengemis Lingkungan Pondok Sosial Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan yaitu snowball sampling. Metode pengumpulan data yang digunakkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentas. Dengan informan kunci yaitu pegawai lingkungan pondok sosial dan informan pendukung yaitu staf bidang pemberdayaan Dinas Sosial Kabupaten Jember serta gelandangan dan pengemis. Teknik pemerikasaan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi (teknik dan sumber), sedangkan analisis data yang digunakkan yaitu reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini dapat ditemukan bahwa adanya efektifitas program pendidikan non formal terhadap pemberdayaan gelandangan dan penemis di UPT Liposos. Hal ini dapat dilihat dari adanya SOP dalam pelaksanaan proses pemberdayaan, sehingga proses pemberdayaan dapat berjalan terarah mulai dari tahap penyadaran dan tahap pengkapasitasan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JLC

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The journal accepts article submissions from worldwide scholars, authors, and novice researchers in (but not limited to) the following area of studies: 1. Adult and Continuing Education 2.Training dan Human Resource Development 3. Community Empowerment 4. Parenting Education 5. Innovation in ...