Menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai selain keterampilan berbicara, keterampilan mendengar, dan keterampilan membaca. Namun kebanyakan dari siswa mengalami kesulitan dalam menulis terutama mengeluarkan ide. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya nilai siswa dalam kemampuan menulis (writing skill). Ada beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan menulis siswa, baik dari guru ataupun dari siswa itu sendiri. Faktor dari siswa seperti yang pertama, siswa kesulitan mencari topik yang akan ditulisnya, kedua lemahnya kemampuan siswa dalam mendapat ide untuk menulis, sedangkan dari guru permasalahanya adalah guru sangat sulit menemukan strategi dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa sehingga mengurangi ketertarikan terhadap proses pembelajaran menulis. Dalam makalah ini penulis mencoba menguraikan salah satu strategi pengajaran menulis dalam bahasa Inggrisagar siswa termotivasi untuk mengeluarkan ide-ide nya ke dalam sebuah essay berdasarkan pengalamannya. strategi tersebut adalah Santence Variety. Sentence Variety adalah sebuah strategi dimana siswa akan diajak untuk mengeluarkan ide-ide mereka untuk membuat kalimat menjadi panjang ataupun pendek dan lebih bervariasi yang sesuai dengan kekreatifan mereka.Strategy ini merupakan sebuah alternative yang di gunakan dalam mengajar menulis, yang mana melalui strategy ini siswa mampu untuk membuat kalimat mereka sendiri dan mampu untuk memahami apa yang mereka buat tersebut. Sehingga dalam mengajar menulis dengan menggunakan strategi ini, kemampuan menulis siswa dapat meningkat dan siswa lebih terrmotivasi dalam belajar menulis.
Copyrights © 2013