Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan strategy concept attainment dalam pengajaran bahasa inggris, khususnya tingkat pencapaian kosakata (vocabulary achievement). Penelitian ini menggunakan eksperiment yang terdiri dari dua kelas. Satu kelas sebagai kelas eksperiment dan satu lagi sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperiment peneliti memberikan perlakuan (treatment) yang menggunakan strategy concept attainment, dan di kelas control peneliti memberikan perlakuan strategi yang biasa di berikan oleh guru yaitu strategi riddle. Dalam penelitian ini populasinya adalah SDN 05 Bungus Padang pada tahun ajaran 2012/2013 yaitu siswa kelas lima yang berjumlah 54 siswa dibagi dalam 2 kelas ( Va dan Vb). Peneliti mengambil sampel berdasarkan pada nilai rata rata tiap kelas ( mean score ) pada semester satu yang di dapat dari guru yang mengajar di kelas tersebut. Nilai dua kelas yang mendekati atau hampir sama akan diambil sebagai sampel yaitu kelas Va, sebagai kelas eksperiment dan kelas Vb sebagai kelas control. Perlakuan yang diberikan pada kelas eksperiment dan kelas control adalah sebanyak delapan kali pertemuan. Materi yang diajarkan berkaitan dengan materi yang berdasarkan silabus. Instrument yang di berikan adalah test. Selanjutnya â post test â diberikan pada kelas eksperiment dan kelas control. Post test itu diberikan untuk melihat perbedaan nilai antara kedua kelas tersebut.Hasil analisis pada penelitian ini di dapat rata hasil test pada kelas eksperiment 73,88 dan standar deviasi 75.64. Sedangkan rata â rata kelas control 68.70 dan standar deviasi 70.37. Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan uji t-table, setelah dilakukan pengujian diperoleh t-calculated 2.33 lebih besar dari t-table 1.64 maka hipothesis pada penelitian ini diterima.
Copyrights © 2013