Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari Vocabulary Self-collection Strategy (VSS) dalam pengajaran Bahasa Inggris khususnya membaca. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan menggunakan dua kualifikasi, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan Vocabulary self-collection Strategy (VSS) dan kelas kontrol diberikan Questioning Strategy. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas enam SDN 05 Jaruai, Bungus Tl. Kabung tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 44 orang yang terdiri dari 2 kelas yaitu VI. A,  and VI B.  Pada penelitian ini, peneliti memilih berdasarkan skor dari latihan membaca siswa. Kelas sampel ditentukan dengan melemparkan koin. Yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah VI. B, dan kelas VI. A sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian ini adalah tes dalam bentuk pilihan ganda pada teks descriptive sederhana.Jenis teks yang dipakai dalam penelitian ini adalah teks descriptive sederhana. Kemudian tes diberikan pada kedua kelas tersebut, setelah tes dan dianalisa didapat rata-rata hasil tes pada kelas eksperiment 81,89 dan standar deviasi 9,52. Sedangkan rata-rata kelas kontrol 72,96 dan standar deviasi 10,67. Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan uji t-table, setelah dilakukan pengujian diperoleh t-calculated 2,94 lebih besar dari t-table 2,01, maka hipotesis pada penelitian ini diterima, sehingga disimpulkan bahwa Vocabulary Self-collection Strategy dapat memberikan efek yang signifikan terhadap hasil Bahasa Inggris khususnya dalam membaca pada siswa kelas enam SDN 05 Jaruai, Bungus Tl. Kabung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013