Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Usaha Dan Energi Pada Peserta Didik Kelas X MIA2 SMA Negeri 3 Sampolawa Semester Genap Ta 2018/2019

Dewi, Chandra (Unknown)
Tahang, La (Unknown)
Yuris, Muh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1)untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MIA2 SMA Negeri 3 Sampolawa pada materi usaha dan energi setelah penerapan model pembelajaran discovery learning, (2) Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas X MIA2 SMA Negeri 3 Sampolawa pada materi usaha dan energi setelah penerapan model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X MIA2 yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019 pada SMA Negeri 3Sampolawa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan, menentukan rata-rata hasil belajar peserta didik dan menganalisispersentase ketuntasan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan: (1)Hasil belajar peserta didik kelas X MIA2 SMA Negeri 3 Sampolawa pada materi usaha dan energi yang diajar menggunakan model pembelajarandiscovery learning mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 70,9, sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya sebesar 80,6, (2) Ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas X MIA2 SMA Negeri 3 Sampolawa pada materi usaha dan energi yang diajar menggunakan model discovery learning meningkat secara signifikan dari siklus I ke siklus II. Adapun ketuntasan hasil belajar peserta didik berdasarkan KKM pada siklus I sebesar 48 %, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika ...