Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol 4, No 4 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika Materi Pokok Optika Geometri dan Alat Optik pada Peserta Didik Kelas XI MIA2 SMA Negeri 1 Raha

Rachmad, Riyan Iskawati (Unknown)
Sahara, La (Unknown)
Sukariasih, Luh (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis peningkatan keterampilan proses sains peserta didik kelas XI MIA2 SMA Negeri 1 Raha setelah penerapan model pembelajaraan berbasis masalah; 2) menganalisis peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIA2 SMA Negeri 1 Raha setelah penerapan model pembelajaraan berbasis masalah; dan 3) menganalisis ketuntasan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIA2 SMA Negeri 1 Raha setelah penerapan  model pembelajaraan berbasis masalah. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA2  SMA Negeri 1 Raha tahun ajaran 2018/2019. Data yang telah diperoleh pada penelitian ini adalah data mengenai keterampilan proses sains peserta didik yang diperoleh dari lembar observasi dan hasil belajar peserta didik yang diperoleh dari tes hasil belajar. Analisis data dilakukan secara statistik deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) keterampilan proses sains  peserta didik setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada siklus I diperoleh  nilai rata-rata sebesar 2,6 dengan kategori cukup dan  pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,2  dengan kategori baik dengan besar peningkatan sebesar 0,6; 2) hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI MIA2 SMA Negeri 1 Raha setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 78,7 dengan standar deviasi sebesar 9,7 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 82,9 dengan standar deviasi sebesar 9,2; dan 3) ketuntasan hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI MIA2 SMA Negeri 1 Raha pada siklus I diperoleh sebesar 64,3% dan pada siklus II  sebesar 85,7% dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 21,4%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika ...