Suatu pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang menyediakan dan memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar sendiri atau aktivitas sendiri sehingga berdampak terhadap hasil belajar. Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kreatif fisika siswa yang disebabkan karena siswa belum terlatih dalam konsep berpikir kreatif yang berhubungan dengan berbagai fenomena sehari-sehari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terintegrasi 21st Century Skills terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA fisika. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 18 Garut. Sampel diambil sebanyak 76 siswa terdiri dari 40 siswa Kelas XI MIPA 1 (kelas eksperimen) dan 36 siswa kelas XI MIPA 2 (kelas kontrol). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dibagi dalam tiga tahapan, yaitu tahap awal, pelaksanaan, dan akhir. Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara, angket, tes awal (pretest), dan test akhir (posttest). Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis diperoleh bahwa analisis lembar observasi kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan pada kelas eksperimen diperoleh hasil sebesar 77,1% dengan kategori baik dan kelas kontrol sebesar 73,2% dengan kategori cukup. Dengan adanya hasil kategori baik pada kelas eksperimen hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan model Project Based Learning terintegrasi 21st Century Skills dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA fisika.
Copyrights © 2020