Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING COMPREHENSION IN REPORT TEXT BY USING COMBINING LRD (Listen, Read, Discuss) AND FQR (Fact, Question, Response) STRATEGY FOR STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL

Jevitsa, Metra (Unknown)
Analido, Belinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKMembaca sebagai salah satu keterampilan bahasa inggris yang perlu dikuasi oleh siswa. Siswa diharapkan mampu memahami isi bacaan dengan baik dan mendapatkan informasi. Penulisan makalah ini bertujuan membantu mengatasi salah satu dari permasalahan yang ada dalam membaca (reading) seperti kurangnya kosa kata sehingga sulit memahami teks untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas 3 khususnya dalam teks report. Dengan menggabungkan dua strategi yaitu LRD (Listen, Read, Discuss) strategi dan FQR (Fact, Question, Response) strategi, pemahaman mereka sebelum membaca sebuah teks akan meningkat dan menggabungkan fact, question, response sehingga mereka menemukan fakta yang berkaitan dengan teks dan kemudian membuat pertanyaan lalu meresponnya untuk meningkatkan pemahaman mereka pada teks. Oleh karena itu, penggabungan dua strategi ini membantu guru dalam mengetahui kemampuan siswa memahami teks sehingga mereka memiliki motivasi dan semangat dalam belajar Bahasa Inggris.

Copyrights © 2013