Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dan bersifat deskriptif analitik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa membentuk generasi adabi dalam perspektif pemikiran Islam adalah terbentuknya generasi beradab yang menjadi tujuan utama dari pendidikan Islam, yang kelak akan menjadi generasi teladan umat, karena adab adalah kemanusiaan yang dapat menghindarkan anak-anak dari berbagai penyimpangan. Karena itu para orang tua dan pendidik wajib mendidik anak-anak dengan adab, terutama adab kepada Allah, adab kepada Rasulullah SAW, adab kepada orang tua, adab terhadap ilmu, adab kepada guru dan masyarakat, sehingga anak-anak senantiasa menjadi generasi yang optimis dengan imannya dalam menjawab berbagai tantangan zaman. Akan tetapi dalam pelaksanaannya adab tidak akan sempurna kecuali jika didalamya diterapkan lima pilar, yaitu hati nurani adab (moral conscience), paksaan adab (moral abligations), hukum adab (moral judgement), tanggung jawab adab (moral responsibility) dan ganjaran adab (moral reward). Dengan tetap mengacu kepada empat prinsip mendasar, yaitu menyeluruh, seimbang, sederhana dan realistis.
Copyrights © 2017