Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

AN ANALYSIS OF STUDENTS’ WRITING COHESION IN COMPOSING ESSAY A Study at the Third Year of English Department Students of STKIP PGRI West Sumatra In 2012/2013 Academic Year

Elawita, Elawita (Unknown)
Riza, Armilia (Unknown)
Alicia, Dona (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang bagaimana ketepatan dan kemampuan siswa menggunakan pemarkah dalam menulis essay. Lebih lanjut, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa tahun ke-tiga jurusan bahasa Inggris di STKIP PGRI Sumbar tahun akademik 2012/2013 yang berjumlah 390 siswa. Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan dua tahap yaitu cluster sampling and stratified sampling. Dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 33 siswa. Sumber data yang digunakan dalam peneliti ini berupa dokumen. Dalam mengumpulkan data, peneliti mengumpulkan dokumen dari tugas akhir mahasiswa pada mata kuliah Wtiting III. Peneliti meminta data tersebut kepada dosen-dosen yang mengajar Writing III. Pengumpulan data dimulai dari hari senin tanggal 26 Agustus sampai hari sabtu 14 september. Setelah data terkumpul, kemudian peneliti menganalisa hasil tulisan mahasiswa berdasarkan pemarkah(cohesion) yang telah ditentukan. Dalam menggunakan pemarkah yang tepat, peneliti menyesuaikan pemarkah apa saja yang harus digunakan oleh siswa dalam menulis essay, dan pemarkah tersebut harus disesuaikan dengan jenis essay yang dibuat oleh siswa. Peneliti menemukan dua jenis essay yang digunakan siswa yaitu argumentative essay dan discussion essay. Hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan beberapa dari mahasiswa tahun ke-tiga jurusan bahasa inggris tahun akademik 2012/2013 masih mengalami kesulitan dan tidak mampu menggunakan pemarkah secara tepat dalam menulis essay. Hal tersebut diperkuat dengan hasil penelitian ini yaitu hanya 36% siswa yang mampu menggunakan pemarkah dengan tepat, dan 64% siswa masih mengalami kesulitan dalam menggunakan pemarkah secara tepat.  

Copyrights © 2013