Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis
Vol 14, No 2 (2014): JURNAL RISET AKUNTANSI DAN BISNIS

RADIKALISME DAN ETIKA BISNIS ISLAM

Sarwo Edi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2015

Abstract

"> Dalam penelitian literatur-literatur gerakan Islam radikal di Indonesiaternyata kemudian didapati disebahagian gerakan tersebut memilki perilaku yangmengundang persepsi negatip, seperti eksklusifismenya kelompok ikhwan tarbawimelahirkan prilaku bisnis yang selalu merugikan orang diluar kelompoknya danmenyenangkan pada orang didalam kelompoknya. Bagi kebanyakan bisnis sekuleryang berorientasi materialisme tidak sepenuhnya menggunakan etika yang benar dankomprehensif dalam kegiatan bisnisnya. Berdasarkan hal tersebut maka perludilakukan pengkajian mengenai perbedaan antara radikalisme dan etika bisnis dalamIslam. Pemikiran etika bisnis Islam muncul ke permukaan dengan landasan bahwaIslam adalah agama yang sempurna yang merupakan kumpulan aturan-aturan ajaran(doktrin) dan nilai-nilai yang dapat menghantarkan manusia dalam kehidupannyamenuju kebahagiaan hidup baik di dunia maupun akhirat. Dalam menjalankan bisnismaka seorang muslim berusaha bagaimana paradigma perspektif Al-Qur’an tentang paradigma etika bisnis yang dibangun dan dilandasi oleh aksioma-aksioma Islamseperti berikut ini: kesatuan (unity); kesetimbangan (keadilan); kehendak bebas (ikhtiyar); pertanggungjawaban; kebenaran (kebajikan dan kejujuran) dapat menjadi landasan dalam menjalankan bisnisnya.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

akuntan

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JURNAL RISET AKUNTANSI DAN BISNIS, published by the Departement Accounting, Faculty of Economics and Business, University of Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Medan, North Sumatra, Indonesia, which includes articles on the scientific research field of Management Sciences, includes the results of ...