ABSTRAKÂ Â Bahasa Inggris adalah subjek yang harus dipelajari di Indonesia sejak sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Walaupun bahasa Inggris telah dipelajari bertahun-tahun, tapi para siswa masih memiliki kesulitan khususnya dalam reading. Hal ini disebabkan karena para siswa mempunyai kesulitan dalam menemukan arti kata-kata tertentu dalam teks, kesulitan dalam menemukan topik, ide pokok, dan informasi tertentu, dan juga kesulitan dalam menghubungkan isi teks dengan pengetahuan mereka. Oleh karena itu, guru harus bisa menemukan strategi yang menarik dalam proses belajar mengajar sehingga membuat para siswa senang dan tertarik untuk belajar bahasa Inggris dan mampu dalam melakukan aktivitas reading.Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana mengajarkan reading dengan menggunakan dua strategi yaitu probable passage dan making prediction. Probable passage adalah salah satu strategi untuk mengembangkan kemampuan reading. Strategi ini merupakan strategi yang tepat untuk membantu para siswa menemukan kata-kata di dalam teks dan mengelompokkanya kata tersebut menurut jenisnya. Dengan melakukan hal ini, siswa dapat memahami teks dan dapat menyelesaikan masalah yang mereka hadapi saat belajar. Making prediction adalah salah satu strategi sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan reading siswa karena dengan menggunakan strategi ini, siswa dibimbing untuk memprediksi urutan kejadian atau informasi tertentu di dalam teks. Dengan mengunakan making prediction strategy, siswa dapat melatih daya pikiran mereka mengenai isi teks dan mereka akan lebih memahami isi teks. Akhirnya, penggabungan dua strategi ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan reading siswa.
Copyrights © 2013