Penulisan jurnal ini bertujuan untuk membantu guru dalam mengatasi salah satu permasalahan yang ada dalam pengajaran membaca(reading) pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selain itu, makalah ini juga dimaksudkan untuk menjelaskan aplikasi strategy Choral Reading with Question and Answer Relationship (QAR) dalam pemahaman membaca (reading) agar menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa-siswi dalam membaca teks bahasa inggris dengan baik.  Dalam jurnal ini penulis membahas bagaimana mengajarkan reading dengan menggabungkan dua strategy yaitu Choral Reading dan Question and Answer Relationship (QAR). Dalam aplikasinya, pertama guru menggunakan strategy Choral Reading, yg diawali dengan penjelasan dan instruksi guru yg mana siswa diminta membaca sebuah teks secara choral. Kemudian guru menggunakan strategy yang kedua yaitu Question and Answer Relationship Strategy. Strategy ini merupakan pembelajaran kelompok untuk mendiskusikan dan menjawab instruksi-instruksi yang berkaitan dengan cerita tersebut yang diberikan oleh guru dan siswa diminta untuk membua kesimpulan dari teks yang telah mereka baca secara choral dan mereka pahami dengan mudah. Strategy ini sangat efektif untuk membuat siswa aktif dan berpartisipasi dalam diskusi. Hal ini juga diharapkan untuk tercapainya tujuan pembelajaran membaca pada siswa sekolah menengah pertama.
Copyrights © 2013