Makalah ini ditulis bertujuan untuk membantu mengatasi salah satu dari sekian banyak permasalahan yang ada dalam pengajaran membaca (reading) pada sekolah menengah atas (SMA). Selain itu makalah ini juga dimaksudkan sebagai masukan bagi guru-guru bahasa inggris dalam melaksanakan pelajaran reading sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar membaca khususnya narrative text.Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana pengajaran reading melalui penggabungan strategi dialogical thinking dan strategi highlighting. Dengan strategi ini mempermudah guru untuk meningkatkan keinginan siswa dalam membaca dan mempermudah siswa dalam memahami isi bacaan. Ada beberapa langkah yang digunakan dalam penggabungan dua strategi ini secara garis besar strategi dialogical thinking membuat siswa agar berpikir kritis terhadap text yang dipelajari sehingga satu text memiliki sudut pandang yang berbeda dari setiap anak. Dan ada dua langkah yang dilakukan siswa dalam strategi highlighting. Langkah pertama guru menjelaskan cara memgidentifikasi informasi penting dalam text. Langkah ke dua adalah menandai point-point penting text dengan menggunakan stabilo atau pensil warna. Tujuan dari penggabungan dua strategi ini agar siswa menjadi lebih aktif, efektif dan efisien dalam membaca. Penulis mengharapkan agar penggabungan strategi-strategi ini bisa menjadi panduan bagi guru dalam mengajar membaca.
Copyrights © 2013