Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia (JPPK)
Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia

Modifikasi Permainan Bola Tangan untuk Meningkatkan Kemampuan Melempar Bola Siswa Kelas V SDN Tandes Kidul Kecamatan Tandes Kota Surabaya

Exi Prillani Sanggarwati (Magister Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Lampung)
Made Pramono (Unknown)
Gigih Siantoro (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2020

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian tindakan sekolah ini adalah dari hasil pengamatan terhadap kemampuan siswa kelas V SDN Tandes Kidul I No. 110 Surabaya, menunjukkan kemampuan teknik dasar permainan bola tangan masih rendah. Hal ini karena sarana prasarana sekolah kurang memadai, peralatan pendukung permainan bola tangan terbatas, dan permainan bola tangan belum pernah diberikan kepada siswa. Keadaan ini membuat kemampuan melempar siswa pada permainan bola tangan rendah. Di sisi lain guru juga belum pernah mengajarkan permainan bola tangan sehingga kemampuan teknik dasar siswa pada permainan bola tangan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan teknik dasar kemampuan melempar bola melalui permainan bola tangan pada siswa kelas V SDN Tandes Kidul I No. 110 Surabaya pada semester ganjil tahun pelajaran 2017-2018 Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tandes Kidul I No. 110 Surabaya pada semester I tahun pelajaran 2017-2018 selama dua bulan. Subjek penelitiannya siswa kelas V di SDN Tandes Kidul I No. 110 Surabaya sejumlah 27 anak. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dan observasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah permainan bola tangan modifikasi dapat meningkatkan kemampuan teknik dasar melempar bola pada permainan bola tangan siswa kelas V SDN Tandes Kidul I No. 110 Surabaya pada semester ganjil tahun pelajaran 2017-2018. Hal ini dapat terbukti dari hasil observasi yang menunjukkan hasil pada siklus I persentase kemampuan melempar bola sebesar 67% dengan kategori cukup, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 91% dengan kategori baik. Selain itu permainan bola tangan modifikasi membuat siswa menjadi senang, tertarik, dan bekerja sama.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Focus and Scope Assessment and evaluation of chemistry learning Chemistry learning technology and innovation Chemistry learning based on Problem Solving, SiMaYang, PJBL, Didactic, Lesson Study, Discovery Learning, etc. HOT-based chemistry learning Inquiry-based learning includes inquiry, structured, ...