Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

TEACHING READING BY COMBINING VISUAL IMAGERY AND THINK DOTS STRATEGY AT JUNIOR HIGH SCHOOL

Gusmayani, Gusmayani (Unknown)
Sulastri, Nanik (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

Membaca (Reading) merupakan salah satu keterampilan yang penting dalam Bahasa Inggris yang harus diajarkan oleh seorang guru kepada siswa. Karena dengan membaca  siswa dapat memperluas wawasannya. Sejalan dengan pentingnya pengajaran reading maka seorang guru harus kreatif untuk membuat pembelajaran reading menjadi lebih menyenangkan. Salah satunya dengan menerapkan strategi yang menarik dan tepat dalam pembelajaran reading. Sehingga, siswa tertarik dan termotivasi untuk mempelajarinya. Untuk itu penulis akan mengenalkan bagaimana mengajarkan reading melalui gabungan dua strategi yaitu Visual Imagery dan Think Dots. Dalam aplikasinya pertama guru menerapkan Visual Imagery strategy. Strategy ini diawali oleh bimbingan guru,yang masing-masing siswa diberikan text descriptive terlebih dahulu,setelah itu guru membacakan  secara nyaring sepanjang siswa menyimaknya. Namun, dipertengahan text, guru menghentikan bacaannya sejenak, lalu memberikan beberapa pertanyaan sederhana  kepada siswa yang bertujuan untuk membantu siswa memvisualisasikan apa yang mereka dapatkan dari text, ini bertujuan agar siswa bisa membanding  yang mereka lihat dan dengar dari text yang telah di baca. Kemudian guru menggunakan strategy yang kedua yaitu Think Dots strategy. Strategy ini merupakan pembelajaran berkelompok untuk mendiskusikan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru. Strategy ini sangat efektif untuk siswa agar siswa menjadi aktif dan berpartisipasi dalam diskusi. Hal ini juga diharapkan untuk tercapainya tujuan pembelajaran membaca pada siswa sekolah menengah pertama.

Copyrights © 2013