ABSTRAK Penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan yang terjadi pada siswa dan guru dalam proses belajar dan pembelajaran menulis dalam Bahasa Inggris pada Sekolah Menengah Atas (SMA). Dimana, masalah yang muncul yaitu siswa sulit mengembangkan idenya dalam menulis. Hal ini terjadi karena strategi yang di aplikasikan guru kurang efektif. Berdasarkan masalah tersebut penulis tertarik membahas tentang bagaimana mengajar menulis dengan menggabungkan dua strategi yaitu strategi Story Impression dan Magnet Summary. Dalam aplikasinya, penggabungan strategi ini di awali oleh bimbingan guru, yang mana siswa diberi penjelasan tentang kedua strategi ini dan instruksi-instruksi yang berkaitan dengan strategi Story Impression dan Magnet Summary. Setelah itu, siswa di minta untuk memahami teks narative yang di berikan oleh guru, kemudian siswa membaca dan mengidentifikasi 10 atau 12 kata dan prasa yang ada dalam teks, serta menentukan kata kunci, kata pendukung, dan menyimpulkan dari teks tersebut, selanjutnya siswa diminta untuk menulisnya kedalam kartu. Jadi, strategi Story Impression dan Magnet Summary sangat membantu siswa sekolah menengah atas (SMA) untuk menggabungkan ide-ide yang diperoleh sehingga menjadi kesimpulan yang bagus. Akhirnya, penggabungan dua strategi ini dapat digunakan untuk meningkat kemapuan siswa dalam menulis. Â
Copyrights © 2013