Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

TEACHING WRITING DESCRIPTIVE TEXT BY USING FLOWER WRITING STRATEGY AT JUNIOR HIGH SCHOOL

Dewinta, Indah (Unknown)
Analido, Belinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

 Dalam penulisan makalah ini, penulis akan mendiskusikan salah satu dari empat keterampilan berbahasa, yakni keterampilan menulis. Menulis merupakan suatu keterampilan yang harus dikuasai oleh setiap siswa karena dengan menulis dapat menyalurkan dan menyampaikan wawasan dan ilmu pengetahuan kepada orang lain melalui teks. Tetapi kenyataannya di lapangan masih ditemukan kesulitan siswa dalam membuat teks yang benar. Dalam makalah ini penulis membahas sebuah strategi untuk membantu siswa dalam menulis yaitu strategi Flower writing. Strategi ini mempunyai langkah-langkah yang mudah dalam penerapannya. Dimulai dengan siswa memilih topik yang menarik dan sesuai yang nantinya akan dikembangkan menjadi sebuah teks. Dalam menyusun kalimat siswa dibantu oleh sebuah diagram yang ada di dalam strategi ini dalam menyusun sebuah teks yang benar. Adapun kelebihan strategi ini adalah siswa akan memiliki kemampuan untuk memerintahkan dirinya sendiri dengan berdasarkan pertanyaan yang menjadi acuan utama dalam menulis sebuah teks yang benar.

Copyrights © 2013