Menulis (writing) adalah salah satu dari empat keahlian dasar dalam bahasa inggris. Dalam proses belajar mengajar, banyak cara atau teknik yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam memahami pelajaran dan memudahkan proses belajar mengajar, terutama dalam writing (menulis). Dalam makalah ini, penulis membahas tentang bagaimana mengajarkan writing dengan menggunakan Lotus Blossom Technique.Adapun konsep dalam teknik ini adalah guru memberikan diagram Lotus Blossom Technique kepada siswa dengan memberikan sebuah topik. Kemudian guru meminta siswa untuk menulis topik tersebut kedalam lingkaran ditengah tengah diagram. Setelah itu, siswa diminta untuk menulis ide mereka yang berkaitan dengan topik kedalam lingkaran yang ada disekitar topik. Setelah siswa menulis ide mereka, guru meminta siswa untuk menulis ide tersebut ditengah tengah lingkaran pada kotak yang lain. Selanjutnya, siswa diminta oleh guru untuk menulis ide mereka lagi yang berkaitan dengan ide yang ada ditengah tengah lingkaran pada kotak. Setelah siswa selesai melengkapi diagram, guru meminta siswa untuk memilih satu ide untuk dikembangkan kedalam teks deskripsi. Penerapan teknik ini digunakan dalam whils-teaching activities. Penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu guru dalam pengajaran writing (menulis) agar siswa lebih bersemangat dan tertarik dalam menulis dan memudahkan siswa dalam proses menulis. Selain itu, teknik ini diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran menulis pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).
Copyrights © 2013