ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menemukan sikap siswa terhadap penilaian yang diberikan oleh dosen dalam mata kuliah translation. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, responden yang dipilih dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun ketiga pada tahun akademik 2011/2012 yang terdiri dari 12 kelas. Teknik pengambilan responden yang digunakan adalah Purposive Random Sampling. Jumlah responden yang diambil pada penelitian ini berjumlah 120 mahasiswa dan beberapa dosen yang sudah pernah mengajar mata kuliah translation. Instrumen dari penelitian ini adalah wawancara dan angket. Berdasarkan data yang didapat selama peneliti melakukan wawancara dengan beberapa dosen yang sudah pernah mengajar mata kuliah translation dapat diketahui bahwa tipe-tipe penilaian yang mereka berikan meliputi Free Response Items, True False Items, Matching,  Portfolio, Translation Production Test (Essay) dan Multiple Choice. Kemudian setelah peneliti menganalisa hasil jawaban mahasiswa terhadap angket, peneliti menemukan bahwa persentase mahasiswa yang mempunyai sikap positif terhadap penilaian yang diberikan dosen dalam mata kuliah translation adalah 36,80% dan persentase mahasiswa yang mempunyai sikap negatif adalah 63,20%, sehingga disimpulkan bahwa kebanyakan  mahasiswa masih salah dalam menyikapi penilaian dalam mata kuliah translation. Hal ini dikarenakan mereka sering merasa takut, cemas, khawatir, tidak percaya diri, bingung serta kurang termotivasi dalam melaksanakan  latihan yang diberikan dosen.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013