Abstrak Perkembangan teknologi sangat mempengaruhi dunia pendidikan. Dengan adanya inovasi-inovasi baru, daya tarik siswa terhadap teknologi/gadget semakin meningkat. Sehingga siswa lebih asik dengan gadget yang mereka miliki dibandingkan memperhatikan guru ketika mengajar di kelas. Pembelajaran menggunakan media power point sudah tidak lagi menarik minat siswa. Sehingga perlu adanya terobosan untuk menarik perhatian siswa ketika pembelajaran dikelas berlangsung.Perkembangan teknologi menjadi hal yang mampu mendukung optimalisasi proses pembelajaran, baik ditingkat sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari, serta menawarkan berbagai kemudahan-kemudahan dalam proses pembelajaran. Media Audio-Visual sangatlah cocok mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, dimana media ini didesain khusus untuk siswa dengan tampilan dan visualisasi yang menarik, membuat siswa menjadi lebih mudah dan lebih tertarik untuk mempelajari mata pelajaran yang diajarkan. Dengan memanfaatkan teknologi dan fasilitas yang ada secara maksimal dan inovatif, akan mampu mebuat suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran Audio-Visual pada mata pembelajaran ekononomi Kompetensi dasar Konsep dan Pengelolaan Koperasi. Serta mendeskripsikan efektifitas media pembelajaran audio-visual pada mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar Konsep dan pengelolaan koperasi.Model penelitian yang digunakan dalam pengembangan media Audio-Visual ini menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan dalam Trianto (2007:65) terdiri dari 4 tahap yakni pendefinisian (Define) yakni tahap untuk menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat pembelajaran., Tahap Perancangan (Design) yakni tahap untuk merancang perangkat pembelajaran, Tahap Pengembangan (Develop) merupakan tahap untuk menghasilkan produk pengembangan, dan Tahap Penyebaran (desseminate) yakni tahap akhir pengembangan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran audio visual kompetensi dasar konsep dan pengelolaan koperasi untuk kelas X sekolah menengah atas dinyatakan sangat layak. Dengan rata-rata skor sebesar 4,5. Sedangkan efektifitas media pembelajaran audio visual kompetensi dasar konsep dan pengelolaan koperasi untuk kelas X sekolah menengah atas dinyatakan sangat efektif. Kata kunci: media pembelajaran, audio visual, ekonomi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016