Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

TEACHING READING NARRATIVE TEXT BY USING VERY IMPORTANT POINT ( VIP ) STRATEGY AT SENIOR HIGH SCHOOL

Sari, Nila (Unknown)
Analido, Belinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

Makalah ini ditulis bertujuan untuk membantu mengatasi salah satu dari sekian banyak permasalahan yang ada dalam pengajaran membaca pada Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain itu makalah ini juga dimaksudkan sebagai masukan bagi guru bahasa inggris dalam melakukan atau melaksanakan pelajaran membaca, sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk membaca khususnya Teks Naratif. Dalam makalah ini Penulis membahas bagaimana mengajarkan membaca melalui Very Important Point (VIP) Strategy. Dengan Very Important Point (VIP) ini Guru akan bisa lebih mudah meningkatkan keinginan siswa dalam membaca dan mempermudah siswa dalam memahami isi bacaan. Ada dua langkah yang dilakukan dalam menggunakan Very Important Point (VIP) ini yaitu langkah pertama adalah menganalisa isi bacaan seperti ide pokok, kalimat pendukung, dan poin-poin penting dalam teks. Langkah kedua adalah menggunakan Very Important Point (VIP) ini dengan cara membuat catatan-catatan kecil pada potongan kertas yang kecil lalu ditempel pada bagian penting dalam teks. Ini bertujuan agar siswa mudah dalam memahami teks dalam waktu singkat dan siswa menjadi lebih aktif, efektif, dan efisien dalam membaca. Very Important Point (VIP) ini diharapkan bisa menjadi panduan bagi guru dalam mengajar membaca

Copyrights © 2013