ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi Discussion Web dalam  pengajaran bahasa Inggris khususnya membaca. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan menggunakan dua kualifikasi, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan oleh peneliti dengan menggunakan strategi Discussion Web dan kelas kontrol tanpa menggunakan strategi Discussion Web tetapi diberikan strategi Questioning Strategy. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bayang tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 101 orang yang terdiri dari 4 kelas yaitu XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3 dan XI IPA 4. Kelas sampel ditentukan dengan uji homgenitas dan normalitas. Yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPA 3 dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan membaca berbentuk Narrative dan Analytical Exposition teks.Hasil analisis pada penelitian ini diklasifikasikan dalam dua bentuk; Narrative dan Analytical Exposition teks. Berdasarkan hasil analisis tes, maka hipotesis pada penelitian ini diterima, sehingga disimpulkan bahwa strategi Discussion Web dapat memberikan efek yang baik terhadap hasil belajar bahasa Inggris khususnya reading (membaca) pada siswa kelas XI (sebelas) SMA Negeri 1 Bayang.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013