Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING BY COMBINING SOMEBODY WANTED BUT SOAND STORY MAP STRATEGY AT SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Yuliyenti, Yuliyenti (Unknown)
Yulmiati, Yulmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKDalam proses belajar mengajar banyak cara pengajaran yang dapat digunakan untuk membantu siswa memahami dan memudahkan proses belajar mengajar. Dalam proses belajar bahasa Inggris yang dialami penulis dan juga sering penulis lihat dalam keseharian, banyak siswa yang kesulitan dalam memahami teks dalam suatu bacaan. Satu strategi saja tidak cukup bagi siswa untuk memahami suatu bacaan. Untuk itu penulis memperkenalkan sebuah strategi dalam mengajarkan Reading yaitu dengan menggunakan SWBS and Story Map Stratey. SWBS Strategy ini meminta siswa untuk meringkas cerita dan untuk menemukan ide pokok sebelum dan sesudah mereka membaca teks tersebut, dan dalam strategi ini siswa diminta untuk mengisi chart yang telah disediakan. Map Strategy adalah strategi yang meminta siswa untuk mengorganisir sebuah cerita berupa map. Dalam strategi ini guru memberikan contoh teks narratif dan meminta siswa untuk meringkas atau mengorganisir teks yang sudah mereka baca tersebut. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan informasi sesudah dan sebelum mereka membaca dengan menggunakan SWBS and Story Map Strategy, sehingga mereka membaca lebih aktif dan termotivasi dalam pembelajaran bahasa Inggris khususnya dalam Reading. Penulis juga berharap strategi ini dapat memberikan kontribusi bagi guru dalam mengajarkan Reading dan bisa meningkatkan minat siswa dalam membaca. 

Copyrights © 2013